Jakarta (ANTARA) - Kerumunan sekitar 16.000 orang menonton langsung pertandingan derbi Belgrade yang dimenangkan Partizan atas Red Star, Rabu waktu setempat. Perkembangan ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah mendekati normal kembali menyusul pandemi virus corona.

Pemerintah Serbia sudah melonggarkan lockdown dan belum lama bulan ini membolehkan lagi ada kerumunan di tempat publik dengan tak membatasi jumlah orang.

Namun siaran saluran televisi RTS memperlihatkan minimnya protokol kesehatan dalam pertandingan yang dimenangkan Partizan 1-0 dalam semifinal Piala Serbia itu.

Hungaria menjadi negara Eropa pertama yang membuka kembali stadion untuk dihadiri penonton dua pekan lalu sekalipun dengan kapasitas yang sudah dikurangi karena aturan jaga jarak sosial.

Belarus menjadi kekecualian di Eropa karena tidak pernah menghentikan laga dan menutup stadion ketika semua liga Eropa berhenti karena lockdown virus corona.

Liga sepak bola Serbia digulirkan lagi pada 29 Mei dengan awalnya dilangsungkan lewat laga tanpa penonton sebelum pemerintah terus mengendurkan pembatasan terkait COVID1-19, demikian AFP.

Baca juga: Polisi khawatir ada kerumunan fans di stadion saat liga dimulai

Baca juga: Prancis dikritik karena akhiri musim saat Eropa memulai lagi

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020