Objek wisata di OKU Sumsel mulai dibuka

Objek wisata di OKU Sumsel mulai dibuka

Objek Wisata Goa Putri mulai dibuka menyambut wisatawan. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah objek wisata unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini mulai dibuka lagi setelah ditutup beberapa bulan terakhir akibat pandemi COVID-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU), Imron HS di Baturaja, Kamis menuturkan secara lisan pihaknya sudah memberitahukan kepada seluruh pengelola objek wisata unggulan di wilayah setempat untuk mulai menerima wisatawan lagi.

"Secara lisan sudah kami beritahukan agar mulai mempersiapkan diri menerima wisatawan lagi. Namun secara tertulis belum. Mudah-mudahan dalam waktu dekat surat resminya akan kami kirimkan ke seluruh pengelola objek wisata di OKU," katanya.

Adapun objek wisata di OKU yang kini mulai mempersiapkan diri memasuki era new normal itu antara lain Goa Putri, Goa Harimau dan Air Terjun Kambas.

Menurut Imron, meskipun sudah diperbolehkan menerima kunjungan lagi, namun pengelola objek wisata wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak setiap pengunjung yang datang, menyediakan tempat mencuci tangan dan mewajibkan wisatawan memakai masker saat berkunjung.

Selain itu, lanjut dia, pihak pengelola juga wajib menyiapkan alat pengukur suhu tubuh guna memastikan setiap pengunjung yang datang dalam keadaan sehat.

"Mereka harus tegas dalam menegakan aturan ini sehingga tidak ada wisatawan yang datang ke OKU terpapar COVID-19," tegasnya.

Pihaknya sendiri, lanjut Imron, akan melakukan evaluasi lagi terkait kebijakan ini agar kedepannya seluruh pengunjung ataupun pihak pengelola dapat mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO tersebut.

"Dengan adanya kebijakan ini diharapkan tidak ada wisatawan yang datang ke OKU membawa atau menyebarkan virus corona," ujarnya.***1***

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar