Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat berencana menggelar kembali tes cepat dan tes usap COVID-19 secara massal terhadap pedagang di sejumlah pasar pada pekan depan setelah seorang pedagang Pasar Grogol, Grogol Petamburan, positif COVID-19 namun tidak menunjukkan gejala.

"Jadwal pasti belum ada. Nanti akan diinformasikan lagi," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat Kristi Wathini di Jakarta, Kamis.

Pada pekan lalu, Sudinkes Jakbar menggelar tes cepat massal pertama di Pasar Grogol. Hasilnya, seorang pedagang dinyatakan reaktif lewat tes tersebut.

Baca juga: RW 14 Tomang gelar tes massal untuk putus rantai COVID-19

Selanjutnya, pedagang tersebut diminta mengikuti tes usap. Pedagang yang diketahui asal Tasikmalaya, Jawa Barat, tersebut harus jalani isolasi mandiri.

Kristi memastikan Puskesmas Grogol Petamburan terus memantau aktifitas pedagang tersebut agar tidak terjadi penularan COVID-19.

Sementara itu, Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta mengatakan tes massal pasar di wilayahnya akan kembali dilakukan di Pasar Tomang Barat, atau yang lebih dikenal dengan Pasar Kopro.

"Menurut jadwal puskesmas Selasa pekan depan (16/6). Teknisnya yang mengatur dari puskemas," ujar Didit.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2020