Menaker pimpin penyemprotan disinfektan di Jakarta Selatan

Menaker pimpin penyemprotan disinfektan di Jakarta Selatan

Menaker Ida Fauziyah melakukan penyemprotan di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (12/6/2020) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memimpin penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh para pekerja korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (12/6).

"Kita semua tahu akibat dari pandemi COVID-19 ini banyak sekali usaha dan perekonomian kita berhenti. Akibatnya ada saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan,  di PHK atau kehilangan pendapatan, tidak lagi 100 persen seperti sebelum pandemi," kata Menaker ketika bertemu dengan warga di Jakarta Selatan, Jumat.

Baca juga: Pemerintah alokasikan Rp18,44 triliun untuk program padat karya

Menaker mengatakan bahwa kondisi ketenagakerjaan Indonesia mengalami dampak signifikan karena COVID-19. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang sudah diverifikasi sampai akhir Mei 2020, total 1.792.108 pekerja terdampak oleh pandemi.

Melihat kondisi itu, kata Menaker, pemerintah tidak tinggal diam dan mengalokasikan anggaran untuk tidak hanya menangani dampak di sektor kesehatan tapi juga sosial dan ekonomi. Lewat berbagai jaring pengaman sosial, pemerintah berusaha membantu mereka yang ekonominya terdampak.

Sebagai bagian dari usaha pemerintah, Kemnaker juga terus melakukan berbagai langkah untuk membantu pekerja dengan program seperti peningkatan kompetensi dan Padat Karya, yang diwujudnyatakan lewat mengkaryakan pekerja korban PHK.

"Kita memberdayakan teman-taman yang kena PHK dan dirumahkan. Biasanya membangun sanitasi tapi kali ini memberikan dukungan dengan menciptakan lingkungan yang sehat dengan penyemprotan disinfektan," ujar Menaker.

Baca juga: Menteri PUPR apresiasi pelaksanaan padat karya saat pandemi COVID

Baca juga: PUPR: Perubahan proyek ke padat karya serap 78 ribu tenaga kerja


Pada kesempatan itu, sekitar sepuluh orang yang dikaryakan dalam progam Padat Karya Infrastruktur untuk menyemprot lingkungan di RW 02, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan.

Salah satu warga sekitar yang dikaryakan adalah Nabon yang menjadi korban PHK.

Nabon mengaku sudah terlibat sejak awal membantu RT/RW untuk menjaga pintu masuk lingkungan sekitar sebagai bentuk penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) demi memutus penyebaran COVID-19.

Pihak RT/RW pula yang mengajukan dia ikut terlibat dalam progam Padat Karya menjadi salah satu penyemprot. "Alhamdulillah dapat bantuan berupa sembako, cukup semua seperti beras. Saya berterima kasih kepada pemerintah yang sudah membantu lingkungan ini," kata dia.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar