...kita akan dorong merek bersama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berencana untuk mengonsolidasikan berbagai merek UMKM kecil menjadi merek bersama dalam rangka meningkatkan penetrasi di pasar daring atau online.

"Kita punya rencana untuk mengonsolidasikan merek-merak UMKM dari produk UMKM yang kecil-kecil dengan citra merek belum baik, maka kita akan dorong merek bersama," ujar Menkop UKM Teten Masduki dalam diskusi daring yang digelar KoinWorks di Jakarta, Jumat.

Menkop UKM tersebut mengharapkan melalui merek bersama penetrasi UMKM ke pasar daring semakin kuat.

Baca juga: Dirjen Kemenperin: e-smart mampu tingkatkan omset tujuh kali lipat

Baca juga: Pelaku UMKM diminta jeli bidik segmen saat garap pasar daring


"Dengan demikian kita menyiapkan beberapa langkah, mungkin kita meniru pengalaman Alibaba di fase awal yang menyiapkan para reseller online-nya jago-jago jualan sehingga nanti bisa terjual produk-produk UMKM-nya," kata Teten.

Menurut dia, yang paling penting juga mungkin tidak semua UMKM ini memiliki kemampuan untuk masuk ke pasar daring karena keterbatasan SDM dan juga kapasitas produksi yang belum memadai.

"Selain itu saya kira karena merek di UMKM tersebut belum kuat, citra merek produknya itu belum kuat. Sedangkan di online mau tidak mau harus bersaing dengan merek lainnya, bahkan merek besar sekarang juga berjualan di pasar online," ujar Menkop UKM tersebut.

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan akan mempercepat proses go digital UMKM dengan menerapkan praktik bisnis secara digital di tengah wabah COVID-19.

Baca juga: Menteri Koperasi akan percepat proses Go Digital UMKM

Baca juga: Menkop UKM nilai UMKM Go digital merupakan keniscayaan

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020