Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menebar 10.000 benih ikan dan menanam hortikultura di Kelurahan Kebon Kosong RW 06 yang hasilnya dapat dipanen untuk warga di lingkungan itu beberapa bulan ke depan.

"Di tengah situasi pandemi COVID-19, kita masih dapat melakukan suatu kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat. Seperti di RW 06 Kecamatan Kemayoran ini warga bisa memanfaatkan hasilnya jika sudah panen," kata Plt Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Suharini Eliawati di sela-sela penebaran bibit ikan di Kelurahan Kebon Kacang, Jumat.

Ada dua jenis bibit ikan yang ditebar, yaitu 5.000 lele dan 5.000 nila. Seluruhnya ditebar di kolam Ruang Terbuka Hijau di RT 012 RW 006 Kelurahan Kebon Kosong.

Nantinya ikan-ikan itu diurus oleh komunitas tani yang aktif beraktivitas di RTH itu.

"Pokoknya dipastikan nanti kalau panen warga bisa menikmati hasilnya. Kegiatan ini sebenarnya serentak dilakukan di lima wilayah di DKI Jakarta juga," kata Suhairini.

Baca juga: Petani memanfaatkan bantaran Kanal Banjir Barat untuk bercocok tanam
Baca juga: Kebun hidroponik di rusun, DPRD DKI: Agar Jakarta tak impor sayuran


Selain di Kebon Kosong, penebaran bibit juga dilakukan di delapan lokasi lainnya di ruang-ruang publik milik Pemerintah Kota Jakarta Pusat. Yaitu di Ruang Publik Terbuka Ramah Anaka (RPTRA) Mardani Asri, RPTRA Rusun Tanah Tinggi dan Kelompok Tani Mekarsari Jaya Mangga Dua Selatan.

RPTRA MH Thamrin, RPTRA Melati, Kelompok Tani Batik RW 06 Petojo Utara dan Kantor Kecamatan Sawah Besar.

Ketua Forum Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Kemayoran Joko mengatakan. pihaknya senang hadirnya kepedulian Sudin KPKP Jakarta Pusat yang menebar bibit ikan dan tanaman hortikultura yang nantinya dapat dibagi-bagikan untuk masyarakat RW 06 panen.

"Kami merasa senang yang, bisa dibilang ini sangat membantu kami warga sekitar. Apalagi benih ikan ini bisa dipanen nanti pada bulan Juli," kata Joko.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020