Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Laksamana Muda TNI ING Ariawan, meninjau posko terpadu TNI-Polri Satuan Tugas Covid-19 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melihat kesiapan penerimaan kedatangan WNI dari luar negeri.

Dalam kunjungan singkat itu, Ariawan menekankankan pentingnya memiliki disiplin kesadaran pribadi dan jangan pernah menganggap remeh Covid-19.

"Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana kita bisa terinfeksi, oleh sebab itu harus disiplin untuk menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan diberlakukan, yaitu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak," kata Ariawan dalam pernyataan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: TNI bentuk empat Kogasgabpad percepat penanganan COVID-19

Dalam tinjauan ke Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Jumat, Ariawan didampingi Asisten Intelijen Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Laksamana Pertama TNI Bambang Wahyudi, Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Brigadir Jenderal TNI Suhardi, dan Askomlek Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya.

Juga Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Kolonel (Marinir) Aris Mudian, Wakil Asisten Intelijen Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Kolonel Infantri Bosco dan Pakoorsmin Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1, Kolonel Laut (P) Filda Malari.

Baca juga: Pangkogabwilhan I: Empat Kogasgabpad dibentuk untuk tangani COVID-19

Rombongan Ariawan disambut Kepala Bandara (Executive General Manager) Internasional Soekarno-Hatta, Agus Hariadi, Komandan Satuan Tugas Pengamanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kolonel Pasukan Silaban, Kepala KKP Dr Anas, Wakil Kepala Polresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AKBP Yesi, Kasatreskrim Bandara Soekarno Hatta Kompol Alexander, Komandan Kodim 0506/Tanggerang diwakili Danramil Batu Ceper, Mayor Armed Bambang Herianto.

"Pangkogabwilhan 1 mendapatkan informasi langsung dari komandan satgas mengenai prosedur mekanisme dan penanganan WNI pada saat mendarat di Bandara Soetta," kata Mudian.

Baca juga: Kogabwilhan I siap bantu tangani pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Ariawan dan rombongan berkeliling ke tempat-tempat yang harus dilalui WNI yang datang dari luar negeri dan peralatan yang digunakan untuk mengecek kondisi WNI itu.

Dengan berbagai persiapan dan fasilitas itu diharapkan WNI yang masuk Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta benar benar aman dan bebas dari virus Corona.

Baca juga: Panglima TNI resmikan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020