Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (12/6) disiarkan ANTARA dan mungkin masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. Lima pedagang Pasar Serdang Kemayoran positif COVID-19

Lima pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat positif COVID-19 dari hasil tes cepat dan tes usap sehingga menambah kasus positif menjadi 14 pedagang di pasar itu.

"Benar ada penambahan kasus, lima orang positif, jadi sekarang jumlahnya menjadi 14 orang. Mereka terjaring dari 180 orang yang ikut tes minggu lalu," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran Buana saat dihubungi, Jumat (12/6).

Ia mengatakan saat ini kelima pedagang yang tinggal di Kecamatan Kemayoran itu sudah dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, sedangkan sebelumnya tujuh pedagang yang tinggal di Tanjung Priok mendapatkan perawatan dari puskesmas di dekat domisilinya, dan dua pedagang dari Pekalongan telah mendapatkan perawatan dari Dinas Kesehatan setempat.

Selengkapnya baca disini

2. 70 ibu hamil jalani tes usap sebagai syarat persalinan

Sebanyak 70 ibu hamil di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menjalani tes usap, Jumat (12/6), sebagai salah satu syarat untuk proses persalinan.

"Kampung Tengah ini masih zona merah COVID-19. Memang perkembangan penyakitnya cukup melejit," kata Lurah Karang Tengah, Tarmiji di Jakarta.

Kegiatan tes itu digelar usai seorang ibu hamil di wilayah tersebut diketahui positif COVID-19 meskipun sang anak di kandungan terbukti negatif.

Selengkapnya baca disini

3. Mahasiswa Unas tuntut keringanan uang kuliah

Puluhan mahasiswa Universitas Nasional (Unas) Jakarta Selatan kembali melakukan
unjuk rasa menuntut keringanan uang kuliah akibat pandemi COVID-19, Jumat (12/6).

Aksi unjuk rasa mahasiswa dilakukan dengan menggembok pagar kampus dan berorasi di depan kampus yang terletak di Jalan Sawo Manila Jakarta Selatan.

Dalam orasinya, mahasiswa menuntut potongan uang kuliah 50 persen dengan alasan selama pandemi mereka tidak menikmati fasilitas kampus.

Selengkapnya baca disini

4. Polda Metro Jaya gagalkan kiriman 336 kilogram ganja dalam sofa

Polda Metro Jaya menggagalkan pengiriman 336 kilogram ganja kering yang sembunyikan di sofa dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi dari Aceh menuju Jakarta.

"Ini pengungkapan ganja seberat 336 kg. Jadi kronologinya ganja ini berasal dari Lhokseumawe, Aceh, kemudian dikirim melalui kargo ke Jakarta," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana di Mako Polda Metro Jaya, Jumat (12/6).

Ia menjelaskan kasus itu terungkap berawal dari kecurigaan pihak ekspedisi terhadap kiriman sofa tersebut. Sofa tersebut dikirim dari Aceh menuju Jakarta pada 9 Mei 2020.

Selengkapnya baca disini

5. Delapan pasar tradisional di Jakarta jadi sumber penularan COVID-19

Sebanyak delapan pasar tradisional di Provinsi DKI Jakarta menjadi pusat penularan COVID-19 setelah puluhan pedagang dinyatakan terjangkit virus dari Wuhan (China) itu.

"Pasar adalah sebagai tempat strategis hajat hidup orang banyak. Kami berharap pemerintah lebih serius untuk melakukan program penanganan COVID-19 di pasar," kata Ketua Bidang Keanggotaan DPP IKAPPI Dimas Hermadiyansyah di Jakarta, Jumat (12/6).

Menurut data Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) pada Jumat (12/6) malam Pasar Perumnas Klender menempati posisi kasus tertinggi di Jakarta dengan 18 pedagang positif COVID-19.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020