Jakarta (ANTARA) - Hari ini sebagian lokasi wisata di Jakarta mulai dibuka, mulai dari museum dan galeri, tempat wisata pantai Kepulauan Seribu di Jakarta Utara, taman margasatwa hingga fasilitas olahraga indoor dan outdoor.

Kemudian, dalam dua hari ke depan pusat perbelanjaan juga akan dibuka, namun tidak untuk fasilitas bermain anak dan tempat usaha di dalam pusat perbelanjaan yang berpotensi menimbulkan kerumuman.

Apakah kebijakan ini serta merta membuat para warga ibu kota beranjak dari rumah dan mengajak serta keluarga mereka berlibur mengingat selama dua bulan terakhir terisolasi di dalam rumah akibat pandemi COVID-19?

Baca juga: Indonesia berencana buka koridor pariwisata dengan empat negara

Baca juga: Taman bermain Harry Potter dibuka di Tokyo pada 2023


Andhika Anggoro Wening (36), editor di salah satu media bisnis daring di Jakarta mengatakan tidak berniat mengajak keluarganya bepergian sementara waktu ini. Dia masih belum merasa aman bepergian ke tempat-tempat umum karena kasus COVID-19 masih terjadi di Indonesia.

"Enggak (ke lokasi wisata). Selama PSBB, (kami) sekeluarga di rumah saja, ngeri. Anak juga sudah dikasih pengertian kalau ada virus, dia juga paham sekarang enggak bisa ke mal dulu, jalan-jalan karena ada virus," kata dia saat dihubungi ANTARA, Sabtu.

Andhika menuturkan selama ini dia dan keluarganya menghabiskan waktu di rumah, melakukan beragam kegiatan semisal berolahraga pagi. Sesekali dia bersepeda namun menghindari kerumuman orang.

Dia bersyukur anaknya yang kini berusia 7 tahun tidak rewel minta berlibur. Sang buah hati juga patuh menerapkan perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan usai dari luar atau memegang sesuatu.

"Dia ngerti jadi no problemo, bahkan selalu pakai masker kalau keluar rumah dan cuci tangan kalau habis dari luar (rumah) atau memegang sesuatu dari luar rumah," tutur Andhika yang berencana mengunjungi Taman Safari dan pusat perbelanjaan kawasan Pondok Indah jika kasus COVID-19 sudah terkendali.

Baca juga: Kebun binatang dan bioskop "drive-in" di Inggris buka 15 Juni

Baca juga: Menara Eiffel di Paris dibuka lagi untuk turis pada 25 Juni

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020