Laporan dari London

Dubes dapat penghargaan Ridder Grootkruis dari Raja Belanda

Dubes dapat penghargaan Ridder Grootkruis dari Raja Belanda

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mendapat penghargaan Ridder Grootkruis in de Orde Van Oranje-Nassau dari Raja Belanda, Willem-Alexander pada Jumat (12/6/2020). ANTARA/HO-KBRI/pri.

London (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja mendapat penghargaan Ridder Grootkruis in de Orde Van Oranje-Nassau dari Raja Belanda Willem-Alexander pada Jumat (12/6).

Penghargaan diberikan atas berbagai kontribusi penting dan kerja sama yang sangat baik dalam peningkatan hubungan Indonesia-Belanda selama Puja mengemban tugas sebagai duta besar RI di Belanda selama lebih dari empat tahun, menurut keterangan KBRI Den Haag. 

Minister Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Den Haag, Fery Iswandy, kepada Antara London, Jumat, menyebutkan penghargaan tersebut terasa istimewa karena merupakan penghormatan yang sangat tinggi dan bergengsi serta diberikan langsung oleh Raja Willem-Alexander di Istana Raja. 

Bagi Puja, acara tersebut juga menjadi perpisahan dengan Raja Willem-Alexander, yang baru melaksanakan kunjungan bersejarah  bersama Ratu Maxima ke Indonesia pada Maret 2020 --setelah kunjungan terakhir oleh Ratu Beatrix pada 1995, atau 25 tahun silam.

Puja akan mengakhiri masa jabatan sebagai duta besar RI untuk Kerajaan Belanda dan akan kembali ke Tanah Air pada akhir Juni 2020.

Kunjungan terakhir Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima ke Indonesia pada tanggal 9-12 Maret tahun ini menghasilkan penandatanganan delapan kesepakatan antara Indonesia dan Belanda, yaitu menyangkut peningkatan peran perempuan dalam perdamaian, pendidikan diplomat, pengelolaan sampah, circular economy dan kualitas air serta pengolaan air.

Kesepakatan lainnya adalah terkait riset klinis penyakit menular dan penguatan kontrol resistensi antimikrobial, program peningkatan kapasitas bagi petugas kesehatan; perhubungan, dan produksi kelapa sawit berkelanjutan.

Kunjungan Raja pada Maret 2020 juga disertai 200 orang dari kalangan pengusaha dan menghasilkan kesepakatan bisnis senilai kurang lebih satu miliar dolar AS (setara Rp14 triliun) dalam berbagai bidang, antara lain pengembangan terminal tangki di Tanjung Priok, pabrik susu di Cikarang, perluasan pabrik pelumas di Bekasi, perluasan SPBU, pembangunan pabrik panel surya, dan produksi pakan ternak. 

Orde Van Oranje-Nassau merupakan penghargaan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1892 oleh Kerajaan Belanda. Penghargaan itu memiliki enam tingkatan, yaitu Knight Grand Cross, Grand Officer,Commander, Officer, Knight and Member, untuk menghormati orang-orang yang memiliki kontribusi luar biasa dan istimewa. 

Penghargaan yang diberikan kepada Dubes Puja adalah tingkatan tertinggi, yaitu Knight Grand Cross.

Baca juga: Raja Belanda sampaikan penyesalan dan permohonan maaf kepada Indonesia

Baca juga: RI sampaikan ke Belanda agar diperlakukan adil dalam perdagangan sawit

Baca juga: 130 investor Belanda bidik peluang investasi di Indonesia


 

Bertemu Raja Belanda, Sultan HB X ingin naskah kuno dikembalikan

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar