Solidaritas alumni AKABRI 89 gelar baksos ke warga tak mampu di Bogor

Solidaritas alumni AKABRI 89 gelar baksos ke warga tak mampu di Bogor

Solidaritas sosial alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia angkatan 1989 membagikan bantuan sosial berupa sembako ke warga tak mampu di Desa Sukaluyu, Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/6/2020). ANTARA/ HO-Alumni AKABRI 89

Jakarta (ANTARA) - Solidaritas sosial alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI, sekarang Akademi TNI dan Akademi Kepolisian) Angkatan Tamat 1989 menggelar bakti sosial dengan membagikan sembako kepada masyarakat membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19, di daerah Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Kami menjalankan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan pengurangan kesenjangan. Semoga pendistribusian sembako alumni AKABRI Angkatan 89 dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ketua Alumni AKABRI 89, Mayor Jenderal TNI Rudianto, dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Sabtu.

Bakti sosial yang digelar di Desa Sukaluyu, Tamansari, Bogor, bertajuk “Hidup Produktif dan Aman Covid-19", dan dipimpin Laksamana Muda TNI Choky Hutabarat.

Baca juga: Kopassus berikan bantuan pada Komunitas Papua terdampak COVID-19

Rombongan alumni yang juga dikenal dengan nama Altar 89 itu langsung mendatangi rumah-rumah warga yang tidak mampu untuk menyalurkan bantuan.

Penerima bantuan sosial kebanyakan hidup dengan kondisi memprihatinkan, di antaranya seorang ibu yang tinggal seorang diri di dalam rumah tidak layak huni.

Selain itu, terdapat pula satu keluarga yang mengalami kondisi kesehatan memprihatinkan, dengan kondisi anak cacat. Sementara kedua orangtuanya tidak mampu untuk menopang hidup keluarga.

Baca juga: Sinergi bansos perangi COVID-19

Terdapat puluhan kepala keluarga lainnya yang juga mendapatkan bantuan, sebagian besar di antaranya adalah masyarakat berusia lanjut.

Kegiatan baksos ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan pengabdian TNI-Polri AKABRI 89, yang pembukaannya ditandai dengan apel di Lapangan Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/6).

Hadir dalam apel tersebut alumni AKABRI 89 dari empat matra, yakni TNI AD, TNI AU, TNI AL, dan Kepolisian Indonesia. Dikatakan empat matra, karena saat itu Kepolisian Indonesia masih tergabung dalam ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Panglima Kodam Jaya, Mayor Jenderal TNI Eko Margiono, Asisten Personel Kepala Staf TNI AD, Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, Sekretaris Militer Presiden, Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Deputi Bidang Opslat Badan Keamanan Laut, Laksamana Muda TNI TSNB Hutabarat.

Baca juga: Kodam Tanjungpura distribusikan 2,5 ton beras gunakan helikopter

Berikutnya, Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI AU, Marsekal Muda TNI Andyawan Martono Putra, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto, Kakorbinmas Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Risyapudin Nursin.

Sebanyak 22.550 paket sembako yang berasal dari hasil sumbangan alumni AKABRI 89 dari seluruh Indonesia akan dibagikan dalam pelaksanaan baksos ini.

Adapun sasaran pendistribusian adalah masyarakat yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19, marbot masjid, panti jompo, panti asuhan, pesantren, yatim piatu, ojek daring dan pangkalan, kaum disabilitas, manusia gerobak, masyarakat yang tidak bisa mudik, purnawirawan/warakawuri TNI-Polri, dan tenaga medis.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

9 kabupaten/kota di Jabar diduga lakukan 13 kasus penyelewengan bansos

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar