Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen semakin dekat dengan gelar juara Liga Jerman setelah menundukkan tamunya Borussia Moenchengladbach 2-1 dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Allianz Arena, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Berkat tambahan tiga poin tersebut, Bayern kini merestorasi keunggulan tujuh poin atas Borussia Dortmund sekaligus kokoh di posisi puncak dengan 73 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman. Dengan demikian, Bayern berpeluang mengunci gelar saat bertandang ke markas Werder Bremen pada Selasa (16/6).

Sedangkan Gladbach yang kalah untuk kedua kalinya secara berturut-turut tertahan di peringkat keempat dengan 56 poin, terancam melorot digusur Bayer Leverkusen yang baru bertanding pada Minggu.

Baca juga: Gol semata wayang Haaland amankan kemenangan tipis Dortmund

Penyerang muda Joshua Zirkzee membuka keunggulan Bayern pada menit ke-26, sebelum gol bunuh diri Benjamin Pavard menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-37. Leon Goretzka menjadi pahlawan Bayern melalui gol penentu kemenangannya pada menit ke-86.

Bayern yang tampil tanpa diperkuat Robert Lewandowski dan Thomas Mueller yang terkena skors tampil di bawah standar penampilan terbaiknya. Jonas Hoffmann justru mampu membobol gawang tuan rumah pada menit ke-16, meski kemudian tidak disahkan oleh wasit setelah peninjauan VAR.

Zirkzee kemudian memecah kebuntuan ketika kiper Gladbach Yann Sommer gagal membuang bola dengan sempurna, sehingga bola justru jatuh ke penguasaan pemain yang mengisi posisi Lewandowski tersebut.

Keunggulan Bayern hanya berusia singkat akibat upaya Pavard menyapu bola Patrick Herrmann justru masuk ke gawangnya sendiri. Babak pertama pun ditutup dengan kedudukan imbang 1-1.

Setelah turun minum Bayern terlihat tetap rapuh di belakang, namun masuknya Alphonso Davies dan Kingsley Coman membuat mereka lebih tajam di depan. Kiper Gladbach Yann Sommer kemudian masih mampu menjinakkan sepakan voli Serge Gnabry.

Impian Gladbach untuk membawa pulang satu poin kemudian buyar saat Goretzka sukses memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan tim tamu, dengan memanfaatkan bola umpan silang mendatar Pavard.

Baca juga: FIFA izinkan bursa transfer buka sebelum liga domestik 2019/20 rampung
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern kian dekat dengan gelar juara


Susunan pemain:

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Jerome Boateng, David Alaba, Lucas Hernandez (Alphonso Davies); Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Serge Gnabry, Michael Cuisance (Kingsley Coman), Ivan Perisic (Javier Martinez); Joshua Zirkzee (Kwasi Okyere Wriedt)

Borussia Moenchengladbach (4-3-3): Yann Sommer; Stefan Lainer, Matthias Ginter, Nico Elvedi (Tony Jantschke), Ramy Bensebaini; Christoph Kramer, Jonas Hofmann, Florian Neuhaus; Patrick Herrmann (Oscar Wendt), Lars Stindl, Marcus Thuram (Breel Embolo/Laszlo Benes)

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020