Jakarta (ANTARA) - Lionel Messi menyumbangkan satu gol dan dua assist ketika Barcelona menghantam tuan rumah Real Mallorca 4-0 dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Son Moix, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Arturo Vidal membuka keunggulan Barcelona lewat gol cepatnya disusul Martin Braithwaite dan Jordi Alba yang memanfaatkan umpan kiriman Messi, sebelum La Pulga melengkapi kemenangan timnya melalui gol injury time.

Kemenangan itu memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen dengan koleksi 61 poin, melebarkan jarak menjadi lima poin dari Real Madrid yang baru memainkan pertandingannya sehari berselang.

Sebaliknya, bagi Mallorca (25) kekalahan itu membuat mereka tertahan di urutan ke-18 klasemen alias posisi teratas di zona degradasi dengan jarak satu poin menuju zona aman, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Pelatih Mallorca berhati-hati agar tak bikin Messi marah lagi
Baca juga: Sempat dikabarkan cedera, Messi siap diturunkan lawan Real Mallorca


Pertandingan baru berjalan dua menit ketika Alba mengirimkan umpan silang terukur yang disambut tandukan Vidal untuk mengoyak gawang tuan rumah dan membuka keunggulan Barcelona.

Mallorca berusaha membalas lewat pemain pinjaman Real Madrid, Takefusa Kubo, yang menusuk dari sisi kanan sayang tembakan kerasnya masih bisa ditepis oleh kiper Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-22.

Kubo kembali menebar ancaman pada menit ke-31, tapi lagi-lagi Ter Stegen memperlihatkan kualitasnya sebagai kiper kelas dunia yang patut menjadi pilihan utama tim nasional Jerman.

Enam menit sesudahnya, Barcelona justru berhasil menggandakan keunggulan ketika Messi memantulkan bola demi diselesaikan oleh Braithwaite untuk memaksa kiper Manolo Reina memungut kulit bundar dari dalam gawangnya.

Selanjutnya babak kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020