wiayah ini kembali berstatus sementara zero COVID-19
Kulon Progo (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 ke-11 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dinyatakan sembuh setelah dirawat di RSUD Wates selama delapan hari, sehingga wiayah ini kembali berstatus sementara "Zero COVID-19".

"Puji Tuhan, kasus positif KP-11 dari Kecamatan Temon sudah sembuh dan sudah pulang pada Sabtu (13/6) sehingga wiayah ini kembali berstatus sementara zero COVID-19," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Minggu.

Ia mengatakan kasus positif KP-11 yang datang dari Tangerang . Yang bersangkutan tiba di Kulon Progo 30 Mei dan dirawat selama 8 hari sejak 5 juni 2020.

"Setelah dilakukan swab test terakhir, hasilnya negatif," katanya.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo nyatakan bayi positif COVID-19 sembuh

Baca juga: Cegah corona, 5 objek wisata berbasis masyarakat di Kulon Progo tutup


Baning mengatakan saat ini gugus tugas sedang melakukan kajian dan menghitung skoring status risiko wilayah sesuai ketentuan gugus tugas pusat yang akan digunakan untuk dasar menentukan pedoman "Tatanan Kehidupan Baru Kulon Progo".

"Kami mentargetkan bisa mengeluarkan SK Bupati awal minggu depan," katanya.

Ia juga berpesan dengan situasi "nol kasus positif" ini masyarakat jangan lengah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan karena Kulon Progo sangat berisiko terjadi penularan karena daerah sekitar Purworejo, Magelang, Sleman dan Bantul adalah daerah transmisi lokal.

"Mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan, makai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Baca juga: Pandemi COVID-19, 204 naker Kulon Progo-DIY dirumahkan, 10 di PHK

Pewarta: Sutarmi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020