Jakarta (ANTARA) - Pengurangan hadiah uang secara signifikan akan menjadi realitas baru bagi pemain tenis ketika ATP dan WTA Tour dilanjutkan, menurut petenis veteran Spanyol Feliciano Lopez.

"Kita harus mengerti bahwa tenis tidak akan sama lagi, setidaknya untuk satu, dua, tiga tahun. Saya tidak tahu berapa lama," kata Lopez, Minggu, yang dikutip Reuters di London, Senin. Lopez seharusnya sedang menyiapkan diri untuk mempertahankan gelar Queen's Club pekan depan.

Tidak ada turnamen profesional digelar sejak Maret karena pandemi COVID-19 dan penghentian tersebut akan berlanjut hingga Agustus.

Baca juga: Thiem juara di Belgrade, Djokovic hanyut dalam emosi
Baca juga: Petenis Jelena Jankovic tak yakin ingin lanjutkan karier


Wimbledon telah dibatalkan sama sekali sementara French Open telah digeser ke September. Keputusan apakah US Open dapat berlangsung pada akhir Agustus diperkirakan pekan depan.

Lopez, yang juga direktur turnamen Madrid Open, mengatakan bahwa bahkan ketika segalanya kembali ke normal, hadiah uang akan dikurangi ketika sponsor berusaha untuk menavigasi kejatuhan ekonomi akibat virus tersebut.

"Perusahaan dan sponsor, mereka mungkin harus memecat karyawan," kata Lopez yang berusia 38 tahun seperti dikutip BBC.

"Ini terjadi di mana-mana di dunia sehingga yang pertama mereka pangkas adalah sponsorship, dan ini akan mempengaruhi tenis secara besar-besaran.

"Kita perlu bertahan hidup saat ini dan kita perlu bersatu. "Para pemain perlu memahami bahwa ini akan menjadi pengurangan yang signifikan dalam hadiah uang.

"Saya melihat sekarang skenarionya turnamen akan bertahan dengan pengurangan hadiah uang secara signifikan -- tidak hanya untuk tahun ini, tapi juga untuk musim 2021."

Baca juga: Djokovic dikritik karena khawatirkan protokol COVID-19 di US Open
Baca juga: PP Pelti terbitkan protokol kesehatan latihan tenis


Lopez yakin US Open akan berlangsung kendati ada keraguan dari rekan senegaranya Rafael Nadal, sang juara bertahan, yang mengatakan ia tidak akan senang bepergian ke New York dalam situasi saat ini.

Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic juga mengekspresikan keraguannya bahwa turnamen tersebut akan berlangsung.

"Saya pikir US Open tahu mungkin banyak pemain yang tidak ingin datang dan bermain di sana," katanya.

"Tapi saya kira US Open tidak tergantung hanya pada pemain top yang bermain. Pendapat pribadi saya adalah bahwa mereka berencana membuat event tersebut berpikir bahwa sejumlah pemain top -- saya tidak tahu berapa banyak -- mungkin tidak bermain."

Baca juga: Pelatnas tenis dimulai pekan depan di Jakarta
Baca juga: Masa "lockdown" diharapkan bantu Serena Williams raih gelar Grand Slam

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020