Tiga sendok makan gula harus diimbangi olahraga berapa lama?

Tiga sendok makan gula harus diimbangi olahraga berapa lama?

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pola makan sehat tak melulu mengontrol asupan karbohidrat, lemak dan lainnya tetapi juga gula harian Anda. Asupan gula harian seharusnya tidak lebih dari 50 gram atau empat sendok makan per hari agar penyakit salah satunya diabetes bisa Anda hindari.

Selain itu, antara asupan juga perlu diimbangi olahraga. Lalu, jika Anda sudah mengonsumsi tiga sendok makan gula perlu olahraga berapa lama dan jenisnya?

Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi dalam "NutriClass" via daring, Selasa, menyarankan berlari selama 30 menit, ditambah berjalan 180 menit dan berenang selama 52 menit.

Sejumlah makanan dan minuman bisa mengandung dua hingga tiga sendok makan gula per buahnya. Donut cokelat, minuman soda, empat buah permen susu, cake, bahkan minuman boba ukuran reguler mengandung empat sendok makan gula.

Baca juga: Manfaat jambu air putih, kontrol gula darah hingga cegah infeksi

Baca juga: Resep "Peanut Butter Chocolate Chips", kudapan sehat hanya lima bahan


Aldis mengatakan, semua jenis gula baik itu gula merah, gula baru atau gula putih mengandung kalori yang hampir serupa, sehingga tetap berbahaya bila dikonsumsi berlebihan salah satunya meningkatkan gula darah dengan cepat.

Gula pasir misalnya per satu sendok teh mengandung kalori sebanyak 16 kkal, tak jauh berbeda dari gula cokelat yakni mengandung kalori 15 kkal. Sementara gula batu memiliki kalori setara 23 kkal setiap satu sendok tehnya. Jenis gula lainnya, gula halus, icing sugar dan gula jawa sama-sama mengandung 10 kkal per satu sendok teh.

Untuk Anda yang begitu menyukai hidangan manis, tidak ada kata terlambat untuk mengatur asupan gula Anda. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan antara lain: mengganti minuman manis dengan minuman rendah gula seperti teh tawar, menukar camilan kue ke buah atau menyiapkan botol berisi air minum.

Aldis mengingatkan pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang yakni 2/3 piring makanan pokok, 1/6 piring lauk pauk, 1/6 buah dan 2/3 piring sayuran.

Lalu, jangan lupa minum air putih, dan berolahraga kardio dengan pilihan: intensitas sedang selama 30 menit dalam lima kali seminggu, atau 25 menit kardio intensitas tinggi tiga kali seminggu ditambah dua kali seminggu latihan beban dengan intensitas sedang-tinggi.

"Latihan beban agar massa otot terjaga bukan berarti jadi body builder," kata Aldis.

Baca juga: Lebih bagus almond basah atau mentah?

Baca juga: Jaga suasana hati saat pandemi dengan kembang gula

Baca juga: Tips batasi gula, garam dan lemak selama isolasi diri saat corona

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar