Jakarta (ANTARA) - Masker wajah kini menjadi aksesoris baru yang tak cuma jadi pelindung di tengah pandemi, tapi pemanis penampilan. Para perancang dan brand berlomba-lomba mengeluarkan masker buatannya masing-masing dengan variasi motif dan gaya yang bisa dipilih sesuai selera.

Berikut kiat padu padan masker dengan busana, seperti dikutip dari CNA.

Seimbangkan dengan busana
Jika Anda gemar memakai baju penuh motif, masker polos bisa menyeimbangkan penampilan. Bila bosan dengan masker hitam polos, pakailah warna lain yang lebih beragam.
 
Desainer Vera Wang (Instagram/@verawang)

Sebaliknya, jika Anda ingin memakai masker dengan motif mencolok, sesuaikan busana jadi lebih sederhana sehingga masker menjadi pusat perhatian.

Anda yang telah kembali bekerja ke kantor dapat memilih masker dengan warna netral atau motif sederhana, simpan masker lucu dengan motif heboh saat sedang tidak bekerja.

Pilih bahan yang tepat
Bahan yang tepat akan menentukan kenyamanan pemakainya. Bahan kain katun yang lebih tebal punya bentuk lebih kaku, terlihat lebih rapi ketimbang masker berbahan kaos yang lembut. Ada juga masker yang terbuat dari sutra dan satin, bahan yang terlihat elegan tapi kurang cocok menyerap keringat dan minyak kulit.
 
Masker kain dari Pinky Hendarto (HO)

Pilih ukuran yang tepat
Ada produsen masker yang menyediakan ukuran bervariasi, juga pilihan apakah masker dilengkapi dengan karet atau tali panjang yang lebih nyaman untuk pemakai kerudung.
Masker ayam dari Hendri Budiman (HO)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020