Jakarta (ANTARA) - Aplikasi pendidikan khusus SMP dan SMA/SMK, Aku Pintar, menambahkan fitur "Zonasi" dan "Bandingkan Sekolah" untuk mempermudah orang tua dan siswa dalam mengakses informasi dan memilih SMA sesuai dengan zonasi secara daring.

"Fitur Sekolah Pintar dilengkapi dengan fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah yang melengkapi fitur yang sudah ada dalam Fitur Sekolah Pintar sebelumnya yaitu Cari Sekolah. Fitur Zonasi akan memudahkan siswa dan orang tua dalam mendapatkan informasi terkait SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi," kata Co-Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta pada Selasa.

Hal itu disebut akan membantu proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang akan dilakukan via daring untuk menghindari penyebaran virus corona, COVID-19.

Baca juga: Belajar Al Quran dan hadits lewat aplikasi Aminin

Baca juga: Lima platform online untuk belajar di rumah


Dalam fitur Zonasi, saat ini pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. Untuk menggunakan fitur ini, user dapat menggunakan pilihan sekolah yang secara otomatis menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa atau bila orang tua dan siswa sedang berada di rumah, gunakan pilihan lokasi saat ini.

Daftar sekolah yang muncul bisa diurutkan mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih.

Pilihan sekolah juga dilengkapi dengan informasi status sekolah (swasta atau negeri), akreditasi, kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi sekolah, nilai UN, jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta jumlah Peserta Didik (PD).

Sementara fitur Bandingkan Sekolah memungkinkan siswa untuk melihat dua sekolah secara langsung dengan membandingkan poin-poin seperti; jarak ke sekolah, status, akreditasi, kurikulum, rata-rata nilai UN SMA IPA dan IPS, serta jumlah siswa dan guru.

Melalui informasi dan perbandingan secara langsung, siswa dan orang tua akan lebih mudah menemukan SMA Negeri dan Swasta sesuai pilihan dan kebutuhan.

Selain fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah, siswa SMP dapat mengakses fitur lainnya yaitu Minat Pintar, Belajar Pintar, Tes Pintar, AP Live, dan Konseling Pintar. Bagi user yang sudah pindah ke jenjang ke SMA/SMK dapat memperbaharui laman profil di aplikasi Aku Pintar sesuai status pendidikan terbaru.

Baca juga: Cakap tawarkan solusi belajar mengajar online di tengah corona

Baca juga: Traffic internet 3 melonjak untuk aplikasi belajar online

Baca juga: Pengguna aplikasi belajar online melonjak 100 persen lebih saat corona

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020