Brimob Polda Maluku tertibkan warga tidak gunakan masker

Brimob Polda Maluku tertibkan warga tidak gunakan masker

Personel Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku menertibkan warga yang tidak menggunakan masker, dengan memberikan masker gratis untuk digunakan. (Dok. Satbrimob Polda Maluku)

Ambon (ANTARA) - Personel Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku menggelar patroli di sejumlah kawasan di Kota Ambon, Provinsi Maluku, untuk menertibkan warga yang tidak menggunakan masker, sebagai salah satu upaya menegakkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Komandan Kompi 1 Batalyon A Pelopor Iptu Noer Saleh, di Ambon, Selasa, mengatakan penertiban dilakukan di beberapa lokasi, terutama di wilayah perbatasan antara Kota Ambon dengan Kecamatan Leihitu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, di antaranya di Desa Hunuth, Telaga Kodok, dan Dusun Wanath.

Baca juga: Polda Maluku Utara minta patuhi protocol pencegahan COVID-19

Penertiban yang mulai dilakukan sejak Minggu (14/6) itu menyasar warga maupun pedagang yang berjualan di pinggir jalan dan kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas.

"Kami menyiapkan 100-an masker untuk dibagikan secara gratis kepada warga dan pedagang yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas," katanya.

Warga dan pedagang yang tidak menggunakan masker juga diberi edukasi tentang manfaat penggunaannya di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Polda Maluku Utara gelar apel hadapi normal baru

"Sayangi diri dan keluarga, keluar rumah wajib menggunakan masker. Ini salah satu protokol kesehatan yang wajib ditaati masyarakat, guna mencegah kemungkinan terpapar virus corona," ujar Noer Saleh.
Personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku menertibkan warga yang tidak menggunakan masker, dengan memberikan masker gratis untuk digunakan. (Dok. Satbrimob Polda Maluku)
Noer Saleh menilai tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak fisik dan sosial masih kurang, sehingga perlu diberi pengertian dan edukasi secara kontinyu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja Dansat Brimob Polda Maluku, sekaligus bakti satuan elit Polri tersebut dalam mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kota Ambon dan Provinsi Maluku.

Baca juga: Polda Maluku Utara gandeng pers salurkan bantuan beras

Selain penertiban dan edukasi tentang bahaya dan dampak pandemi COVID-19, pihaknya juga melakukan bakti sosial dengan membagikan bantuan kebutuhan pokok untuk warga kurang mampu yang terdampak pandemi tersebut.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Puluhan warga Ternate terjaring razia Operasi Patuh Kie Raha 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar