MotoGP

Bos KTM akui Espargaro dapat tawaran kontrak membalap di Honda

Bos KTM akui Espargaro dapat tawaran kontrak membalap di Honda

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing). ANTARA/Twitter.com/MotoG/pri (Twitter.com/MotoG)

Kami perlu waktu untuk merencanakan masa depan
Jakarta (ANTARA) - Manajer tim Red Bull KTM Factory Racing Mike Leitner mengakui jika Pol Espargaro mendapat tawaran untuk menjadi rekan Marc Marquez di Repsol Honda untuk musim MotoGP 2021.

Dilansir laman resmi MotoGP, Selasa, Leitner menyatakan jika sang pebalap Spanyol itu sedang mempertimbangkan apakah dirinya akan bertahan di KTM atau pindah ke Honda tahun depan.

"Saya hanya bisa mengonfirmasi jika pembicaraan itu terjadi," kata Leitner.

"Tentunya, kami ingin mempertahankan Pol bersama kami, tapi kami sangat paham jika ada opsi lain baginya. Belum ada update lagi saat ini selain itu dan ketika semuanya difinalisasi, kami akan mengeluarkan pernyataan terkait itu.

Baca juga: Aprilia perpanjang kontrak Espargaro hingga 2022

"Ini akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Kami perlu waktu untuk merencanakan masa depan, jadi kami butuh keputusan segera," kata Leitner.

Jika Espargaro hijrah ke Honda, maka pasukan KTM akan hanya diperkuat dua rookie: Brad Binder (Factory Racing) dan Iker Lecuona (Tech 3), dan Miguel Oliveira (Tech 3) yang baru dua tahun ini di MotoGP.
 
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing  seusai balapan Motogp di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano Adriatico, Italia pada 15 September 2019 (REUTERS/RAFAEL MARRODAN PHOTOCALL3000)

Baca juga: Bos tim Repsol Honda tanggapi rumor kepindahan Espargaro

Namun Leitner tak khawatir jika ditinggalkan pebalap berpengalaman seperti Espargaro karena menurutnya motor KTM tahun ini bisa bersaing.

"Kita lihat Brad Binder, misalnya, dia di sepuluh besar tes Qatar dan di tes musim dingin di Sepang kami mendapati tiga pebalap kami di sepuluh besar," kata dia.

"Jadi, penting memiliki seorang pebalap berpengalaman tapi ketika motor kompetitif, itu akan menjadi tak terlalu penting, tapi akan selalu membantu."

Baca juga: Espargaro terkesan dengan sasis baru KTM di tes pramusim Valencia

Duet pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci dikait-kaitkan dengan bangku di KTM menggantikan sang juara dunia Moto2 itu, namun Leitner mengatakan siapa pun penggantinya maka ia harus mampu beradaptasi dengan motor KTM.

"Semua pebalap di MotoGP adalah pebalap yang sangat berbakat. Tapi untuk Andrea, saya tak bisa mengatakan apa-apa, dia tiga kali runner-up dalam tiga tahun terakhir."

"Juga Petrucci adalah seorang pemenang Grand Prix. Semua pebalap papan atas ini memiliki talenta besar dan mereka akan menyesuaikan diri dengan motor, itu jelas.

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandemi, pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika tetap berjalan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar