Jakarta (ANTARA) - British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Film Awards 2021 akan dihelat pada 11 April 2021, sejalan dengan keputusan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) untuk mengalihkan Oscar pada bulan yang sama.

EE British Academy Film Awards tahun depan akan diadakan pada 11 April - tepat dua minggu sebelum Oscar, yang akan berlangsung pada 25 April.

“Perubahan dari tanggal 14 Februari yang sebelumnya diumumkan ini mengakui dampak pandemi global dan mengakomodasi periode kelayakan yang diperpanjang. Rincian lebih lanjut tentang upacara akan diumumkan kemudian di tahun ini,” kata BAFTA dikutip dari Variety, Rabu.

Informasi lebih lanjut tentang persyaratan kelayakan untuk penghargaan akan diungkapkan lebih lanjut. Pekan lalu, BAFTA telah dalam diskusi tentang syarat film-film yang dirilis digital agar dapat bergabung dan bersaing merebut penghargaan.

Baca juga: Awkwafina dan Jack Lowden jadi nomine BAFTA Rising Star

Baca juga: Jane Fonda terima penghargaan BAFTA saat diciduk polisi


Sementara, mulanya BAFTA Film Awards memang dijadwalkan untuk mendahului Oscar dalam beberapa minggu. BAFTA tahun ini sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada 2 Februari, sementara Oscar pada 9 Februari. Pada 2019, BAFTA jatuh pada 10 Februari, dengan Oscar pada 25 Februari.

Pekan lalu, AMPAS mengungkapkan standar keanekaragaman baru. BAFTA berbagi bahwa rencana sedang berlangsung untuk mencapai serangkaian persyaratan universal yang dapat berlaku untuk Oscar dan BAFTA Film Awards.

"Setiap perubahan akan dipublikasikan setelah tinjauan selesai, di samping temuan dan rekomendasi lainnya," kata BAFTA.

BAFTA telah mengatakan ulasan “root dan branch” tentang bagaimana Film Awards 2020 - yang melihat tidak ada orang kulit berwarna yang dinominasikan dalam kategori akting dan, sekali lagi, tidak ada wanita yang mendapat nominasi sebagai sutradara terbaik.

Sementara itu, awal tahun ini, BAFTA menunda BAFTA TV Awards yang dijadwalkan berlangsung pada Mei, tetapi didorong kembali ke 31 Juli. Nominasinya sendiri telah terungkap pada awal bulan ini.

Acara ini akan berlangsung sebagai studio tertutup, pertunjukan dengan jarak sosial, dengan nomine yang diundang untuk menerima penghargaan mereka secara virtual.

Baca juga: "Chernobyl" pimpin nominasi BAFTA TV Awards 2020

Baca juga: BAFTA TV Awards 2020 akan digelar virtual

Baca juga: Pangeran William kritik kurangnya keberagaman di BAFTA

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020