Bola Basket

Kelanjutan pelatnas basket putra masih dikoordinasikan Perbasi-BTN

Kelanjutan pelatnas basket putra masih dikoordinasikan Perbasi-BTN

Arsip - Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa (kanan) mendribel bola melewati pebasket Filipina Matthew Wright dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi masih berkoordinasi dengan Badan Tim Nasional (BTN) terkait rencana kelanjutan aktivitas pemusatan latihan tim nasional bola basket putra di tengah transisi kondisi normal baru pandemi COVID-19.

Hal itu disinggung Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam temu media virtual pada Rabu, yang secara umum membicarakan mengenai pedoman yang baru mereka keluarkan terkait aktifitas bola basket di masa normal baru.

"Timnas kami sudah merencanakan untuk memulai latihan lagi, tetapi saya sampaikan kemarin ke BTN untuk mengatur bagaimana pola terbaiknya," ujar Danny.

"Karena jika timnas sudah latihan kembali, besar kemungkinan teman-teman di daerah akan mengikuti," katanya menambahkan.

Baca juga: PP Perbasi rilis panduan normal baru untuk aktivitas bola basket
Baca juga: Timnas basket Indonesia tunggu restu pemerintah untuk gelar pelatnas

Sebagai informasi, aktivitas pelatnas timnas basket putra terhenti sejak Maret menyusul penangguhan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2020 karena pandemi COVID-19, kompetisi yang diikuti timnas mengusung nama Indonesia Patriots sebagai ajang untuk terus memberi jam terbang kompetitif secara berkesinambungan.

Menyusul penangguhan liga, pada akhir Mei pelatih kepala Rajko Toroman juga pulang ke negaranya, Serbia, yang sudah beberapa bulan tertahan di Indonesia karena pengetatan jalur transportasi udara.

Menurut Sofie Emilia, anggota BTN yang juga menghadiri temu media virtual, pelatnas bola basket putra diharapkan bisa kembali mulai menjalankan aktivitas latihan bersama pada pertengahan Juli mendatang.

"Rencananya kembali pada Juli awal, tetapi karena kondisi pandemi ini, mudah-mudahan pertengahan Juli jika sudah memungkinkan pelatnas akan berjalan lagi," ujarnya.

"Saat ini pemantauan oleh para pemain tetapi tetap dilaksanakan di jajaran pelatih, termasuk Coach Toro meski dia ada di negaranya," kata Sofie melengkapi.

Baca juga: Kalah lagi, pelatih Indonesia singgung lambatnya proses naturalisasi
Baca juga: Perbasi: terapan panduan normal baru harus koordinasi Satgas COVID-19


Selain itu, BTN juga masih terus mengawal proses naturalisasi dua pemain, Lester Prosper dan Brandon Jawato, guna bisa memperkuat skuat Merah Putih demi memenuhi target tampil di Piala Dunia FIBA 2023.

Timnas putra sejauh ini menelan kekalahan di dua laga pertamanya dalam fase kualifikasi Piala FIBA Asia 2021, kontra Korea Selatan dan Filipina. Jadwal sementara Indonesia bakal bertandang ke Thailand dalam windows kedua kualifikasi Piala FIBA Asia 2021 pada 27 November, disusul menyambangi Korsel tiga hari kemudian.

Baca juga: IBL puas dengan panduan normal baru dari PP Perbasi
Baca juga: Timnas basket putra jadwalkan TC ke Taiwan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Indonesia vs Filipina: 70-100

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar