Kalau pun memang cut di second half masih bisa 25 bps sampai 50 bps itu alasannya karena ekspektasi inflasi masih rendah di bawah 3 persen
Jakarta (ANTARA) - Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andry Asmoro menilai menilai Bank Indonesia (BI) masih mempunyai ruang untuk menurunkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 25 basis poin (bps) hingga 50 bps.

“Kami menilai ada ruang di Bank Indonesia sekitar 25 bps sampai 50 bps,” katanya dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu.

Andry menuturkan ruang Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga hingga 50 bps masih sejalan dengan tingkat inflasi yang diprediksikan rendah yaitu di bawah tiga persen.

Baca juga: Ekonom nilai masih ada ruang penurunan suku bunga acuan

Baca juga: Mandiri Sekuritas: IHSG bakal berada level 5.540 pada akhir 2020


“Kalau pun memang cut di second half masih bisa 25 bps sampai 50 bps itu alasannya karena ekspektasi inflasi masih rendah di bawah 3 persen,” katanya.

Andry mengatakan meskipun suku bunga acuan yang saat ini berada di level 4,5 persen sudah dapat menjangkau inflasi dan volatilitas nilai tukar, namun tetap masih dibutuhkan stimulus tambahan.

“Memang kami awal ekspektasi 4,5 is fine karena sudah bisa menjangkau ekspektasi inflasi dan volatilitas nilai tukar rupiah,” ujarnya.

Baca juga: BI pertahankan suku bunga acuan 4,5 persen

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020