Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partai politik koalisi pemerintahan Joko Widodo akan terus menjaga soliditas dukungannya untuk membuat Indonesia dapat melewati krisis akibat wabah pandemi COVID-19.

"Partai politik juga akan menciptakan situasi politik lebih stabil," kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Menurut Airlangga, peran partai politik adalah untuk memastikan kebijakan pemerintah dan jaring pengaman sosial diterima oleh rakyat.

Baca juga: Golkar kirim puluhan ribu masker dan APD untuk cegah corona

Koalisi partai politik pendukung pemerintah, kata dia, akan menjaga soliditas dukungannya kepada Presiden Joko Widodo untuk dapat melewati krisis selama pandemi COVID-19.

"Kami memastikan bahwa Indonesia selama periode ini akan stabil secara politik," ujar Airlangga saat mengikuti webinar "Global Economy Outlook” di Jakarta, Selasa (16/6), yang diselenggarakan oleh Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar.

Pertemuan virtual ini diikuti lebih dari 103 duta besar (dubes) dan perwakilan negara asing di Indonesia, seperti Dubes Rusia, United Kingdom, Singapura, Uni Eropa, Kosta Rica, Afghanistan, dan Dubes Afrika Selatan.

"Ketika Anda memiliki krisis ekonomi seperti apa yang terjadi hari ini, yang paling penting untuk dilakukan adalah keselamatan rakyat Indonesia, terutama untuk menjaga kebutuhan rakyat terpenuhi," kata Menteri Koordinator Perekonomian ini.

Baca juga: DPR: Perlu protokol kesehatan selama COVID-19 belum terkendalikan

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hubungan Luar Negeri Dave Laksono mengatakan bahwa seluruh dunia memiliki dampak ekonomi yang sama akibat wabah COVID-19. Oeh karena itu, diperlukan kerja sama internasional.

"Kerja sama internasional dibutuhkan agar negara-negara di dunia dapat bertahan ekonominya dari guncangan pandemi ini," katanya menjelaskan.

Dave mengatakan bahwa pertemuan virtual melalui webinar dengan perwakilan negara asing di Indonesia ini sebagai wujud program Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar dalam menyosialisasikan pandangan dan program Partai Golkar kepada dunia internasional.

"Webinar kali ini diadakan sebagai wujud kontribusi kami di Bidang Hubungan Luar Negeri Partai Golkar untuk menjajaki kerja sama internasional dalam menghadapi dampak ekonomi akibat COVID-19 serta pandangan Indonesia terhadap situasi ekonomi global," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020