Liga Inggris

Man City libas Arsenal tiga gol tanpa balas

Man City libas Arsenal tiga gol tanpa balas

Talenta muda Manchester City Phil Foden melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (17/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Powell)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City melibas Arsenal 3-0 dalam laga tunda pekan ke-28 Liga Inggris yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Etihad, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Raheem Sterling, Kevin de Bruyne dan Phil Foden masing-masing menyumbangkan satu gol dalam kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu membuat Man City yang berada di posisi kedua kini mengoleksi 60 poin memangkas jarak keunggulan Liverpool (82) di puncak klasemen menjadi 22 poin.

Sedangkan Arsenal (40) tertahan di urutan kesembilan dan harus bekerja keras jika ingin menembus empat besar yang masih berjarak delapan poin.

Baca juga: Guardiola ragu City siap hadapi jadwal padat sekali
Baca juga: Manchester City beri kesempatan David Silva hingga akhir musim


Tiga bulan beristirahat karena pandemi, Man City tak tampak mengendur dan langsung menggebrak sejak sepak mula tetapi eksekusi tendangan bebas De Bruyne masih bisa ditepis oleh kiper Bernd Leno.

Sebaliknya, Arsenal tampak seperti gelas kaca yang begitu rapuh sebab dalam 30 menit mereka harus kehilangan dua pemain karena cedera yakni gelandang Granit Xhaka dan bek tengah Pablo Mari.

Leno melakukan tiga penyelamatan lain atas tembakan David Silva, Riyad Mahrez dan Sterling, tetapi hal itu dibuat tak bermakna oleh David Luiz yang memasuki lapangan sejak menit ke-24 menggantikan Mari.

Di pengujung babak pertama, kegagalan Luiz memotong umpan lemah kiriman De Bruyne dan bola berakhir di kaki Sterling yang kemudian memperdaya Leno demi membuka keunggulan Man City.

Empat menit memasuki babak kedua, Luiz menjatuhkan Mahrez di dalam kotak terlarang yang bukan saja menghasilkan tendangan penalti bagi tuan rumah tetapi juga membuat wasit Anthony Taylor merogoh kantungnya memperlihatkan kartu merah untuk bek Brazil itu.

Kesempatan tendangan penalti dimanfaatkan dengan baik oleh De Bruyne yang sukses mengecoh Leno untuk menggandakan keunggulan Man City atas Arsenal pada menit ke-51.

Baca juga: Perasaan Mikel Arteta campur aduk jelang lawan Manchester City
Baca juga: Arteta berharap David Luiz bertahan di Arsenal


Unggul jumlah pemain membuat Man City nyaman menguasai jalannya pertandingan, tapi tak kunjung berhasil menambah keunggulan hingga tim besutan Pep Guardiola itu juga dipaksa bermain dengan 10 pemain semenit jelang bubaran waktu normal.

Eric Garcia ditarik keluar lapangan karena cedera setelah berbenturan dengan rekannya sendiri Ederson, namun karena Guardiola sudah menggunakan lima jatah pergantian pemain, The Citizens terpaksa menyelesaikan laga dengan 10 pemain.

Kendati demikian semenit memasuki injury time, Foden berhasil melengkapi kemenangan Man City menjadi 3-0 setelah ia menyambar bola muntah hasil tembakan Sergio Aguero yang membentur tiang gawang.

Man City selanjutnya akan menjamu Burnley pada Senin (22/6) waktu setempat (Selasa WIB), dua hari setelah Arsenal bertandang ke markas Brighton & Hove Albion.

Baca juga: Liga Inggris dimulai lagi, ditandai nirgol dan keputusan kontroversial
Baca juga: Klopp minta suporter Liverpool tetap di rumah


Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy; David Silva (Bernardo Silva), Ilkay Guendogan (Rodri Hernandez), Kevin de Bruyne (Fernandinho); Riyad Mahrez (Phil Foden), Gabriel Jesus (Sergio Aguero), Raheem Sterling
Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Pablo Mari (David Luiz), Shkodran Mustafi, Kieran Tierney; Granit Xhaka (Dani Ceballos), Matteo Guendouzi (Ainsley Maitland-Niles); Edward Nketiah (Alexandre Lacazette), Joe Willock (Reiss Nelson), Bukayo Saka; Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Mikel Arteta

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar