Dengan spesfikasi tersebut, kapal ini akan mampu mendukung tugas kami khususnya bila ada kejadian 'urgent' yang membutuhkan penanganan cepat. Mulai hari ini resmi dapat digunakan
Banyuwangi (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis menyambut kedatangan armada baru, yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi untuk memperkuat operasi keamanan laut di wilayah perairan Probolinggo, Jember hingga Banyuwangi.

Prosesi penyambutan kapal yang mampu melaju hingga kecepatan 28 knot dan dilengkapi persenjataan tersebut disaksikan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas bersama Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono dan juga dihadiri Kapolresta Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin dan Komandan Kodim 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto.

"Kami bersyukur pimpinan Angkatan Laut mempercayakan tambahan alutsista berupa KAL Rajegwesi ini ke Lanal Banyuwangi. Dengan adanya KAL Rajegwesi ini akan mendukung Lanal Banyuwangi dalam bertugas mengamankan wilayah laut yang menjadi teritorial kami, yakni mulai Probolinggo, Jember hingga perairan Banyuwangi," ujar Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono.

Baca juga: Lanal Banyuwangi Prihatin Atas Hilangnya Alat Mercusuar

Menurut dia, sebagai institusi yang bertugas dalam pertahanan negara, TNI Angkatan Laut memerlukan alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang mumpuni untuk menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Letkol Joko mengemukakan bahwa KAL Rajegwesi memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal Angkatan Laut Rajegwesi memiliki kecepatan maksimal 28 knot, kecepatan jelajah 18 knot yang dilengkapi persenjataan senapan mesin berat dengan kaliber 20 MM dan 12,7 MM.

"Dengan spesfikasi tersebut, kapal ini akan mampu mendukung tugas kami khususnya bila ada kejadian urgent yang membutuhkan penanganan cepat. Mulai hari ini resmi dapat digunakan," ucapnya.

Kata Letkol Joko, Rajegwesi diambil dari nama salah satu pantai yang ada di pesisir selatan kawasan Banyuwangi, dan merupakan salah satu lokasi kekuatan pertahanan laut tentara Jepang di masa penjajahan.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan pemkab turut bangga dengan hadirnya KAL Rajegwesi yang menjadi armada baru di Lanal Banyuwangi. Anas berharap armada baru ini akan menambah kekuatan dan kesiapan Lanal dalam mengantisipasi keamanan di perairan laut Banyuwangi.

"Tentunya kami turut gembira dengan adanya KAL Rajegwesi ini. Semoga kapal ini dapat menjalankan fungsinya guna mendukung keamanan daerah dengan optimal," tuturnya.

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020