Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore, menguat tipis usai suku bunga acuan Bank Indonesia turun 25 basis poin.

Rupiah ditutup menguat 5 poin atau 0,04 persen menjadi Rp14.078 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.083 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis, mengatakan dampak pandemi COVID-19 membawa perekonomian secara global mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan Bank Dunia, IMF maupun OECD, merevisi pertumbuhan ekonomi baik di AS, Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia.

"Guna terus mencermati dinamika perekonomian dan pasar keuangan global yang diakibatkan oleh penyebaran virus corona, ini sejalan dengan konsistensi pemerintah melalui berbagai strategi serta upaya untuk menjaga stabilitas perekonomian, sehingga sangat wajar kalau Bank Indonesia hari ini memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps, dari sebelumnya 4,5 persen menjadi 4,25 persen," ujar Ibrahim.

Ke depan, Bank Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan. Hal tersebut karena tekanan inflasi domestik yang rendah, tekanan eksternal yang mereda, dan kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.

Tahun ini, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan berada di kisaran 0,9-1,9 persen, turun dari proyeksi sebelumnya yaitu 2,3 persen. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi diperkirakan melonjak ke kisaran 5-6 persen.

Dari eksternal, Gubernur The Fed Jerome Powell dalam paparannya menyatakan bahwa parlemen perlu memastikan agar pemerintah tidak buru-buru mencabut tambahan tunjangan pengangguran yang sebesar 600 dolar AS per pekan.

Tunjangan tersebut dinilai sangat penting untuk menjamin jutaan rumah tangga di AS bisa bertahan hidup menghadapi pandemi.

Tunjangan tersebut adalah bagian dari stimulus fiskal sebesar 2,2 triliun dolar AS yang digelontorkan pemerintahan Presiden Donald Trump mulai Maret lalu. Masa berlaku kebijakan itu akan habis bulan depan.

Pada hari Rabu (17/6), Florida melaporkan lebih dari 2.600 kasus baru dan Arizona lebih dari 1.800 kasus, peningkatan harian tertinggi kedua di kedua negara. Sehari sebelumnya, enam negara melaporkan peningkatan rekor dalam kasus-kasus, termasuk Texas, Nevada dan Oregon.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.063 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.025 per dolar AS hingga Rp14.099 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.186 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.234 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah diprediksi masih menguat dipicu kebijakan terbaru The Fed
Baca juga: Rupiah bergerak positif jelang pengumuman hasil RDG BI
Baca juga: Ekonom: Rupiah dan obligasi Indonesia sedang tahap pemulihan

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020