Kapolda Bengkulu pastikan pemakaman jenazah COVID-19 sesuai protokol

Kapolda Bengkulu pastikan pemakaman jenazah COVID-19 sesuai protokol

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Tegus Sarwono saat mengunjungi rumah duka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 di Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. (Foto Antaranews.com)

Bengkulu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono memastikan pemakaman jenazah yang diduga terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19 sesuai protokol kesehatan.

Untuk itu, Kapolda mengunjungi rumah duka salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia pada Rabu (18/6/) di Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

"Bapak Kapolda mengunjungi langsung rumah duka dan alhamdulillah pihak keluarga bersedia jenazah dimakamkan sesuai protokol COVID-19," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno, Kamis.

Baca juga: Menengok perjuangan petugas pemakaman COVID-19 di Surabaya
Baca juga: Keluarga tak bisa pindahkan jenazah PDP Pekanbaru meski negatifcorona
Baca juga: Pemkot Banjarmasin sediakan dua lahan pemakaman pasien COVID-19


Ia menjelaskan, kedatangan Kapolda Bengkulu ke rumah duka itu untuk memberikan penjelasan kepada pihak keluarga almarhum mengenai protokol penanganan COVID-19.

Meskipun hasil uji usap (Swab) almarhum belum keluar, kata Sudarno, mengingat statusnya adalah PDP maka prosedur pemulasaran jenazah harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Memang untuk hasil swab belum turun, namun karena pasien tersebut berstatus PDP maka pemakamannya harus menyesuaikan dengan protokol COVID-19," paparnya.

Ia menambahkan, jenazah sudah dimakamkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) di pemakaman Pasar Pedati, Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Siapapun yang meninggal dunia dengan status PDP maka diminta dengan kesadarannya untuk dimakamkan sesuai dengan protokol COVID-19," demikian Sudarno.

Pewarta: Carminanda
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bengkulu dan Riau dukung Sumbar berlakukan pembatasan selektif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar