Liga Jerman

Dortmund sudah lupakan kekalahan mengejutkan dari Mainz

Dortmund sudah lupakan kekalahan mengejutkan dari Mainz

Pemain Borussia Dortmund Axel Witsel berduel dengan pemain Mainz Adam Szalai (kiri) dalam laga yang membuat Dortmund kalah mengejutkan 0-2 pada 17 Juni 2020. (REUTERS/POOL)

Kami bermain seolah-olah beberapa dari kami sudah liburan
Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund harus menempa lebih dalam lagi motivasinya dalam pertandingan Sabtu lusa melawa RB Leipzig yang berusaha memastikan tempat Liga Champions musim depan dan mengkudeta klub lembah Ruhr itu dari posisi kedua.

Dortmund yang sudah pasti finis dalam zona empat besar bermain menawan pada separuh musim namun kalah mengejutkan 0-2 dari tamunya Mainz 05 yang terancam degradasi Rabu lalu itu diragukan bisa mempertahankan posisi kedua dalam tabel Bundesliga.

Direktur olahraga Dortmund Michael Zorc sudah memperingatkan sebelum pertandingan ini bahwa mereka ingin "menguatkan lagi fakta bahwa kami adalah nomor dua dalam sepak bola Jerman", tetapi mereka tampil lebih seperti klub papan bawah ketimbang dua teratas Bundesliga.

Baca juga: Mainz taklukkan Dortmund untuk perbesar peluang selamat dari degradasi

"Kami bermain seolah-olah beberapa dari kami sudah liburan," cerca Zorc setelah kekalahan yang membuat Dortmund terpaku pada 66 poin atau tiga poin di atas Leipzig.

Ketika ditanya apakah pemain-pemainnya sudah memutuskan musim ini telah berakhir, pelatih Lucien Favre menjawab, "Saya harap tidak."

"Kami paham bahwa ini musim yang panjang, satu setengah bulan lebih lama akibat kondisi saat ini. Anda mungkin beranggapan ini agak seperti di sekolah ketika Anda bilang tinggal dua pekan lagi. Itu tak benar. Kami mengeluarkan 100 persen pada setiap pertandingan."

Leipzig memberikan hadiah besar kepada Dortmund pada pertandingannya Selasa lalu saat dua kali kebobolan pada menit-menit terakhir sehingga terpaksa seri 2-2 melawan Fortuna Duesseldorf yang juga terancam degradasi.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman setelah Bayern kunci gelar juara

Bayern Muenchen yang sudah memastikan gelar juara liga Selasa yang sama setelah mengalahkan Werder Bremen, akan menjamu Freiburg yang masih punya peluang untuk masuk area Liga Europa.

Memperebutkan jatah terakhir Liga Champions, Bayer Leverkusen yang menempati posisi keempat dengan koleksi 60 poin, bertandang ke Hertha Berlin, sedangkan Borussia Moenchengladbach yang berada pada urutan kelima dengan 59 poin bakal ditantang Paderborn yang sudah terlempar dari divisi utama.

Mantan juara Bundesliga, Werder Breman yang kini menduduki urutan ke-17 dan satu poin di atas zona degradasi, menghadapi Mainz yang cuma butuh satu poin untuk lolos ke zona aman.

Baca juga: Silva tampil impresif saat Frankfurt taklukkan Schalke 2-1

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar