Ribuan personel Polda Metro Jaya donorkan darah jelang HUT Bhayangkara

Ribuan personel Polda Metro Jaya donorkan darah jelang HUT Bhayangkara

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana berikan keterangan pers usai kegiatan donor darah Mako Polda Metro Jaya pada Kamis sore (18/6/2020). (ANTARA/Fianda Rassat) 

ini bagian dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74
Jakarta (ANTARA) - Ribuan personel polisi Polda Metro Jaya beserta jajaran Polres di wilayah hukumnya, menggelar kegiatan donor darah sebagai bagian dari peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

"Kegiatan ini bagian dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 dengan acara puncak 1 Juli 2020," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana di Mako Polda Metro Jaya kepada pers di Jakarta, Kamis sore.

Irjen Nana yang juga ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini, mengatakan kegiatan ini juga bertujuan membantu memenuhi ketersediaan stok Palang Merah Indonesia (PMI), yang mulai menipis di masa pandemi COVID-19.

"Kita sedih dan prihatin dengan pandemi COVID-19. Jadi darah ini banyak yang membutuhkan dan memang saat ini stok di PMI berkurang, nanti hasil donor darah ini kita sumbangkan ke PMI," kata dia.

Irjen Nana menyampaikan ada target untuk kegiatan donor darah ini, yakni 400 pendonor di Polda Metro Jaya dan 300 orang dari masing-masing 13 Polres jajaran.

Sebelumnya, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Provinsi DKI Jakarta, Ni Ken Ritchie mengatakan selama masa pandemi COVID-19 terjadi penurunan yang cukup drastis jumlah pendonor sehingga mempengaruhi ketersediaan stok darah di PMI.

Ia menyebutkan, sebelum masa pandemi, jumlah pendonor yang mendonorkan darahnya pe hari bisa mencapai 1.000 donor. Tetapi saat pandemi COVID-19 hingga masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, jumlah pendonor hanya 100 sampai 200 pendonor se DKI Jakarta.

Baca juga: PMI gencarkan kegiatan donor darah jelang HUT DKI
Baca juga: Wagub DKI ajak masyarakat tidak takut donor darah saat pandemi

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bantu penyediaan stok PMI, Pelindo III donorkan plasma konvalesen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar