Pedagang Pasar Slipi negatif COVID-19 setelah tes usap

Pedagang Pasar Slipi negatif COVID-19 setelah tes usap

Para pedagang dan petugas pasar mengantre untuk tes cepat di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Rabu (10/6/2020). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pasar Slipi)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 81 pedagang serta pengelola Pasar Slipi dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani tes usap yang dilaksanakan oleh Puskesmas Palmerah pada Rabu (10/6).

Kepala Pasar Slipi Ahmad Subhan mengatakan  hasil tes usap pedagang, petugas keamanan hingga pengelola pasar telah keluar pada Rabu (17/6).

"Hasil sudah total yang ikut swab test 81 pedagang ya semua dinyatakan negatif itu ada surat dari kepala Puskesmas Kecamatan Palmerah," ujar Ahmad di Jakarta, Jumat.

Kendati hasil tes usap mereka negatif COVID-19, Ahmad mengimbau para pedagang, pengelola maupun pengunjung di Pasar Slipi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, baik dengan air mengalir maupun cairan sanitasi tangan serta pengecekan suhu tubuh.

Baca juga: Puluhan pedagang Pasar Slipi tunggu hasil tes cepat
Baca juga: Pedagang Pasar Klender tidak percaya rekan mereka positif COVID-19


Kemudian Pasar Slipi juga rutin disemprot cairan disinfektan tiap satu minggu sekali untuk mensterilkan lingkungan agar tidak terpapar virus.

"Penyemprotan disinfektan rutin dari damkar satu bulan dua kali dan dari Pasar Slipi rutin satu minggu sekali setiap hari Jumat," ujar Ahmad.

Tes usap dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19 di dalam pasar. Pasar ditengarai menjadi salah satu pusat titik keramaian.

Untuk memastikan tak ada pedagang maupun petugas dan pengelola pasar yang terpapar COVID-19, dilakukan tes usap di seluruh pasar di Jakarta Barat mulai Jumat (12/6) hingga Kamis (25/6).


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hasil tes usap Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana negatif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar