Koperasi Indosurya tawarkan proposal pengembalian dana anggota

Koperasi Indosurya tawarkan proposal pengembalian dana anggota

Salah satu pendiri dan mantan Ketua KSP Indosurya Cipta Henry Surya (dua kiri) bersama para pengurus KSP Indosurya Cipta menggelar jumpa pers di Grha Surya, Jakarta, Jumat (19/6/2020). ANTARA/Citro Atmoko

Kami selama ini mengambil sikap pasif, dikarenakan kami sedang mengkaji atau mengevaluasi secara komprehensif permasalahan
Jakarta (ANTARA) - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta menawarkan proposal pengembalian dana simpanan anggota atau calon anggota seiring kasus gagal bayar koperasi tersebut.

"Bersama ini kami, sebagai salah satu pendiri dan mantan pengurus KSP Indosurya Cipta bersama-sama dengan para pengurus KSP Indosurya Cipta menyampaikan iktikad dan niat baik kepada para anggota atau calon anggota mengenai rencana agenda yang kami siapkan dalam upaya pengembalian dana simpanan milik anggota atau calon anggota KSP Indosurya Cipta dalam bentuk proposal skema penyelesaian para anggota atau calon anggota KSP Indosurya Cipta," kata mantan Ketua KSP Indosurya Cipta Henry Surya saat jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kasus KSP Indosurya dinilai dapat hilangkan kepercayaan pada koperasi

Ia menegaskan kehadiran dirinya bersama pengurus KSP Indosurya Cipta memperlihatkan dan menjelaskan kepada para anggota atau calon anggota KSP Indosurya Cipta, yang selama ini pihaknya terkesan menghindar dan dikesankan sebagai pihak yang tidak bertanggung jawab atas peristiwa yang terjadi.

"Kami selama ini mengambil sikap pasif, dikarenakan kami sedang mengkaji atau mengevaluasi secara komprehensif permasalahan apa dan mengapa KSP Indosurya Cipta tidak bisa atau belum bisa melaksanakan kewajibannya sebagaimana sedia kala," ujarnya.

Setelah berdiam diri untuk mengevaluasi dan mencermati apa yang terjadi, lanjut Henry, pihaknya menyiapkan proposal skema penyelesaian agar dana dari para anggota atau calon anggota KSP Indosurya Cipta dapat dikembalikan atau diselesaikan.

"Berkenaan dengan hal tersebut di atas, proposal skema penyelesaian yang sedang kami siapkan ini, akan kami sampaikan atau paparkan dalam rapat kreditur penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU)," katanya.

Ia mengharapkan proposal skema penyelesaian tersebut menjadi jalan keluar untuk membuktikan keseriusan pihaknya untuk mengembalikan hak dari para anggota atau calon anggota dari KSP Indosurya Cipta.

Potensi kerugian dari kasus gagal bayar KSP Indosurya Cipta disebut mencapai Rp14 triliun, lebih besar dibandingkan yang disebutkan nasabah sebelumnya saat audiensi dengan DPR yaitu Rp10 triliun.

Pada Jumat ini, digelar sidang verifikasi bilyet nasabah KSP Indosurya di Pengadilan Negeri Bungur, Jakarta Pusat.

Baca juga: Nasabah KSP Indosurya Cipta minta Bareskrim tahan tersangka HS dan SA
Baca juga: Bareskrim tetapkan dua tersangka kasus gagal bayar KSP Indosurya Cipta

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPU ingin pilkada bersih dari koruptor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar