Kami optimistis dengan langkah ini dapat membuat Perseroan dapat tumbuh kian sehat dan dapat menguntungkan
Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyetujui membagikan dividen sebesar Rp15,26 triliun atau 81,78 persen dari laba bersih perseroan tahun buku 2019.

"Rapat menyetujui payout ratio sebesar 81,78 persen, dengan rincian 60 persen atau sebesar Rp11,20 triliun merupakan dividen tunai dan 21,78 persen atau Rp4,06 triliun merupakan dividen spesial," papar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan Telkom membukukan laba bersih sebesar Rp18,66 triliun sepanjang 2019.

Setelah dibagikan untuk dividen, lanjut dia, sebesar 18,22 persen atau Rp3,40 triliun akan digunakan untuk membiayai pengembangan usaha perseroan.

Ia mengemukakan, laba bersih perseroan dihasilkan dari pendapatan di tahun 2019 yang mencapai Rp135,57 triliun, tumbuh positif sebesar 3,7 persen dibanding tahun sebelumnya dengan EBITDA Rp64,83 triliun.

Pendapatan dikontribusi oleh digital business Telkomsel dan IndiHome yang tumbuh signifikan. Bisnis digital Telkom saat ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi, yakni hampir 30 persen.

Ririek mengatakan, pencapaian perseroan sepanjang 2019 menunjukkan bahwa Telkom berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company dan berkomitmen memperkuat kapabilitas bisnis digital.

Sejak tahun 2019, ia menyampaikan, perseroan melakukan perubahan kebijakan bisnis dengan berfokus pada lini bisnis yang memiliki profitabilitas lebih tinggi bersifat recurring terutama pada layanan enterprise solutions seperti enterprise connectivity, data center dan cloud, dan tidak memprioritaskan bisnis dengan tingkat margin rendah dan non-recurring.

"Kami optimistis dengan langkah ini dapat membuat Perseroan dapat tumbuh kian sehat dan dapat menguntungkan," katanya.

Pada tahun 2020, Ririek mengatakan, Telkom fokus pada tiga domain bisnis, yakni digital connectivity, digital platform dan digital services.

Dalam RUPST Telkom juga menyetujui perubahan susunan pengurus Dewan Komisaris dan Dewan Direksi. Adapun susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hasil RUPST Tahun Buku 2019, yakni Rhenald Kasali sebagai Komisaris Utama.

Di posisi Komisaris, yakni Rizal Mallarangeng, Alex Denni, Ismail, dan Marcelino Pandin.

Sementara Komisaris Independen, yakni Marsudi Wahyu Kisworo, Ahmad Fikri Assegaf, Wawan Irawan, dan Chandra Arie Setiawan.

Untuk susunan Direksi, yakni Ririek Adriansyah sebagai Direktur Utama, Heri Supriadi sebagai Direktur Keuangan, FM Venusiana sebagai Direktur Consumer Service, Herlan Wijanarko sebagai Direktur Network & IT Solution.

Kemudian, Muhammad Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business, Budi Setiawan Wijaya sebagai Direktur Strategic Portfolio, Dian Rachmawan sebagai Direktur Wholesale & International Service, Afriwandi sebagai Direktur Human Capital Management, dan Edi Witjara sebagai Direktur Enterprise & Business Service.

Baca juga: Erick: Fajrin figur tepat kembangkan bisnis digital Telkom
Baca juga: Bisnis digital TelkomGroup topang pendapatan jangka panjang

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020