Sepatu Bowerman "Nike Origins" pertama di dunia dilelang

Sepatu Bowerman "Nike Origins" pertama di dunia dilelang

Sepatu pertama yang dibuat oleh Bill Bowerman, salah satu pendiri label sport Nike (ANTARA/HO/ Sotheby's)

Jakarta (ANTARA) - Rumah lelang Sotheby's melelang sepasang sepatu pertama yang dibuat oleh Bill Bowerman, salah satu pendiri label sport Nike.

"Sotheby dengan bangga mengumumkan pelelangan sepatu Nike Origins oleh Bowerman Built, yang digelar daring dengan lot tunggal khusus untuk sepasang sepatu Waffle Spike buatan tangan pada awal 1970-an oleh Bill Bowerman," tulis keterangan Sothesby yang dikutip dari laman rumah lelang itu pada Sabtu.

Sepatu usang bersejarah itu diperkirakan akan terjual dengan harga mulai 130 dolar (sekira Rp1,8 juta) hingga 150.000 dolar (sekira Rp2,1 miliar).

Lelang untuk sepasang sepatu ini digelar secara daring mulai Rabu (17/6) waktu setempat hingga Jumat (26/6) waktu setempat.

Sepasang sepatu ini masuk dalam koleksi "sneaker paling berharga" yang pernah ditawarkan di rumah lelang, setelah sebelumnya sepasang sepatu Nike Air Jordan 1s berhasil memecahkan rekor penjualan khusus sneakers di Sotheby's.

Pada pertengahan Mei, sepatu usang milik Michael Jordan tersebut berhasil terjual seharga 560.000 dolar (sekira Rp7,9 miliar).

"Setelah Air Jordan 1s milik Michael Jordan berhasil memecahkan rekor, kami merasakan satu-satunya cara yang tepat untuk menindaklanjuti penjualan sebesar itu adalah dengan menawarkan sesuatu yang istimewa, terkait dengan historis dan warisan label Nike," jelas Sotheby’s Director of e-Commerce Development Brahm Wachter dalam keterangannya.

Bowerman menciptakan sepatu Waffle Spike Shoes buatan tangan itu khusus untuk John Mays, seorang pelari di tim track Universitas Oregon. Sejak saat itu, sepatu bersejarah tersebut menjadi milik Mays dan disimpannya hingga kemudian dijual ke Sotheby's.

Baca juga: Sepatu basket Michael Jordan dilelang

Baca juga: Porsche era Nazi batal terjual lewat lelang gara-gara salah harga

Baca juga: Satu lukisan Picasso terjual 45 juta dolar AS

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inovatif dan Kreatif, kunci sukses Never Too Lavish

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar