Medan (ANTARA News) - Telkomsel memberi SMS gratis selama tujuh hari kepada pelanggan di Padang dan daerah sekitarnya ditengah sudah beroperasi normalnya 421 menara komunikasi (BTS) di Sumbar yang sempat terganggu akibat gempa Rabu lalu.

"Manajemen juga memperpanjang masa aktif dan masa isi ulang kartu prabayar pelanggan di Padang (nomor Padang).Semua itu dilakukan manajemen sebagai rasa turut prihtain kepada korban bencana," kata Humas Telkomsel Sumbagut, Henni Purweni, di Medan, Sabtu.

Mengutip pernyataan Direktur Keuangan Telkomsel Triwahyusari ketika membuka posko di halaman Kantor GraPARI Telkomsel di Jalan Sudirman, Padang, Jumat lalu, Wenny--panggilan akrab Henni Purweni, mengatakan 421 Base Transceiver Station(BTS) itu yang berada di Kota Padang, Bukit Tinggi, Solok, Payakumbuh, Pasaman, Palangki, dan Pariaman sudah berfungsi normal kembali sehingga layanan komunikasi diharapkan semakin bagus.

Adapun pembukaan posko, kata dia, dilakukan manajemen untuk memberi layanan kesehatan gratis dan dapur umum kepada warga.

Di posko itu, warga juga bisa mendapatkan layanan "charger" handphone gratis, layanan telepon umum gratis, mendapatkan kartu perdana gratis serta layanan bagi pelanggan.

Kartu perdana gratis itu sendiri disiapkan manajemen sebanyak 25 ribu kartu dengan isi pulsa Rp5.000.

"Di posko , manajemen juga meneydiakan bantuan selimut, sarung, handuk, dan keperluan sehari-hari warga termasuk pembalut wanita," katanya.

Manajemen menyadari korban dan keluarga korban gempa sangat membutuhkan bantuan dalam berbagai hal termasuk kemudahan komunikasi.

"Manajemen terus berupaya secepat mungkin bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan memfungsikan kembali infrastruktur komunikasi secara bertahap," katanya.

Dia mengakui, 421 BTS yang sudah beroperasi normal di Sumbar itu belum maksimal melayani pelanggan apalagi penggunaan layanan komunikasi di pasca bencana gempa dewasa ini sangat tinggi.

"Untuk optimalisasi layanan, manajemen terus berupaya menormalkan kembali sejumlah BTS yang kehilangan pasokan listrik dengan mobile gengset serta mengupayakan pengamanan performansi BTS yang telah beroperasi melalui pengecekan rutin fisik infrastrukturnya" katanya.

Telkomsel juga terus berkoordinasi dengan PLN terkait catuan listrik dan Telkom termasuk dengan pihak BMG untuk mengetahui info cuaca.

Mengutip kembali pernyataan Direktur Keuanan Telkosmel itu. Weny juga menyatakan, Telkomsel juga menyediakan layanan SMS Peduli bagi pelanggan yang ingin memberikan sumbangan kepada para korban bencana gempa bumi di Sumbar.

"Ketik SUMBANG dan kirim ke 5000 dan manajemen akan menyerahkan hasil sumbangan itu ke PMI untuk bisa dimanfaatkan korban bencana gempa di Sumbar," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009