BMKG Ambon serahkan alat penyebar informasi gempa WRS NewGen

BMKG Ambon serahkan alat penyebar informasi gempa WRS NewGen

BMKG Stasiun Geofisika Ambon menyerahkan bantuan alat WRS NewGen kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Sabtu (20/6/2020). ANTARA/HO-Pemkot Ambon/am.

Tahun 2020 ini BMKG memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi, termasuk 14 lokasi di Maluku
Ambon (ANTARA) - BMKG Stasiun Geofisika Ambon menyerahkan bantuan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yaitu WRS NewGen kepada Pemerintah Kota Ambon.

Kepala stasiun Geofisika Ambon, Sunardi menyatakan, WRS NewGen merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

"Peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa "smart display" menjamin stakeholder menerima informasi lebih cepat karena bersifat “real time” ," katanya saat penyerahan peralatan di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, alat WRS Newgen memberikan informasi gempa bumi secara cepat, dengan waktu kurang dari tiga menit.

Kecepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, memastikan pemangku kepentingan dapat mengambil langkah penting secara cepat, dalam menangani bencana sehingga memberi manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana.

Sunardi menyatakan, lokasi pemasangan WRS NewGen pada tahun 2020 ini mencakup Kantor Kementerian dan Lembaga yang tersebut dalam Perpres No. 93 Tahun 2019 dan institusi yang terlibat dalam penanganan bencana gempa dan tsunami seperti Kantor Pemerintah Daerah, Kantor Media Televisi/Radio, serta institusi terkait.

Alat ini akan ditempatkan di Pemkot Ambon, karena memiliki kerja sama dengan BMKG terkait tukar menukar data dan informasi, ujarnya.

"Tahun 2020 ini BMKG memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi, termasuk 14 lokasi di Maluku," katanya.

Wilayahnya mencakup Pulau Ambon tiga unit, Kepulauan Tanimbar tiga unit, Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, dan Kepulauan Aru masing-masing satu unit.

"Tiga unit akan dipasang di Ambon salah satunya di balai kota, kita berharap Pemkot Ambon dapat menjaga alat tersebut untuk percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, mengingat wilayah kita rawan bencana," tandasnya.

Semantara itu Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler menyatakan, alat WRS Newgen berfungsi untuk mendeteksi secara dini gempa bumi berpotensi tsunami atau tidak.

Alat ini akan diperuntukan kepada BPBD berkoordinasi dengan Diskominfo untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG Bandung: Waspada cuaca ekstrem di masa pancaroba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar