Tips traveling pada masa new normal

Tips traveling pada masa new normal

Ilustrasi - Sebuah konsep fasilitas penginapan untuk traveler. ANTARA/HO-Best Hostels Indonesia/am.

Jakarta (ANTARA) - New Normal atau normal baru akan dan segera diterapkan, namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama traveling.

Corporate Strategic & Marketing Communication Best Hostels Indonesia, Juanito Alfa Nanlohy melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu membagi tips melakukan traveling selama masa normal baru.

Siapkan dokumen

Sebelum memesan tiket atau melakukan booking hostel pilihan kamu, cari informasi resmi dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah. Selain itu cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus disiapkan jika ke daerah yang dituju.

New Normal, New Rules

Dengan adanya new normal ini, maka banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan sudah mencari tahu infonya. Peraturan itu bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

Baca juga: Menara Eiffel akan dibuka, siap-siap naik tangga

Baca juga: "New normal", akankah ada robot di restoran & hotel di Indonesia?


Solo Traveling atau Staycation

Situasi pandemi bisa jadi membuat petualangan lebih seru. Anda bisa memilih staycation di mana bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar kota menuju ke tempat wisata.

Gunakan kendaraan pribadi

Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan naik tranpostasi umum. Jelajahlah kota tempat tinggal dan cari tempat tempat unik yang belum pernah dikunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

Hand Sanitizer

Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib dibawa, selain itu siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disenfektan. Siapkan juga obat-obatan pribadi serta rutin konsumsi vitamin.

Baca juga: Pengalaman menginap di hotel akan berbeda pada fase normal baru

Baca juga: Fase normal baru, OYO luncurkan program kualifikasi "Sanitized Stay"


Bawa Peralatan Pribadi
Perlalatan pribadi yang wajib dibawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sendal, serta handuk. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, namun menggunakan peralatan sendiri tetap lebih baik.

Gunakan Masker

Ke manapun tujuannya, masker adalah barang yang wajib dipakai. Selain mencegah penyebaran COVID-19, menggunakan masker juga membantu terhindar dari debu dan polusi selama perjalanan.

Hindari Destinasi Ramai

Setelah banyak tempat wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

Baca juga: Liburan rasa Naruto di kamar yang terinspirasi dari vila Hokage

Baca juga: Austria akan mulai terima kedatangan pelancong Eropa


Transaksi non Tunai

Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus, oleh karena itu minimalisir penggunaan uang cash dalam bertransaksi. Manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan oleh tempat wisata.

Istirahat yang Cukup
Liburan yang menyenangkan pasti dilengkapi perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan mata dari gadget dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal.

Pada kesempatan itu Juanito juga memperkenalkan platform baru Besthostels.co.id untuk memberikan semangat baru bagi para travelers Indonesia.

"Platform ini hadir di masa new normal sebagai harapan nantinya masyarakat Indonesia dapat berlibur dengan murah dan nyaman, juga tetap mematuhi prosedur pencegahan COVID 19 oleh pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan dibuka kembali tapi khusus bagi warga Jakarta

Baca juga: Hari ini Ancol buka lagi, anak bawah 5 tahun dan lansia dilarang masuk

Baca juga: Agen perjalanan online agar tawarkan layanan "book now, stay later"

Pewarta: Subagyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mahasiswa Magister Hukum Untan bagikan ribuan masker dan APD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar