Penyaluran BLT Dana Desa di Sambas mencapai Rp9,6 miliar

Penyaluran BLT Dana Desa di Sambas mencapai Rp9,6 miliar

Penyerahan bantuan BLT Dana Desa oleh Bupati Sambas kepada penerima (ANTARA/Noi)

BLT Dana Desa penting bagi penerima manfaat terutama menghadapi kondisi pandemi COVID- 19
Pontianak (ANTARA) - Realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (DD) di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, hingga pertengahan Juni 2020 sudah capai Rp9,6 miliar.

"Penyaluran BLT Dana Desa memang ada tiga kali, setiap tahap penyalurannya penerima manfaat mendapatkan uang Rp600 ribu," kata . Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sambas Apriyandi.

Baca juga: 334 warga Sambas Kalbar tertahan di Tanjungpinang Kepri

"Alhamdulillah untuk di Kabupaten Sambas sudah hampir semua desa menyalurkan BLT Dana Desa atau total realisasi penyaluran oleh desa mencapai Rp9,6 miliar," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

Ia menyebutkan bahwa untuk bulan ketiga atau tahap tiga penyaluran, desa pertama yang menyerahkan kepada penerima manfaat adalah Desa Singa Raya Kecamatan Semparuk dengan jumlah penerima manfaat 46 kepala keluarga.

Baca juga: Saat pandemi, tradisi berkunjung Idul Fitri di Sambas masih dilakukan

"Penyaluran BLT Dana Desa bulan pertama sudah ada 183 desa. Jumlah penerima manfaatnya 10.834 KK. Sedangkan bulan kedua sudah 92 desa yang menyalurkan dengan total penerima manfaat sejumlah 5.109 KK. Kemudian penyaluran bulan ketiga baru satu desa per 16 Juni 2020, yakni Desa Singa Raya Kecamatan Semparuk," tutur dia.

Sementara itu, Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menyambut baik dan mengapresiasi kerja cepat semua pihak terutama desa atas capaian penyaluran BLT Dana Desa itu.

Baca juga: DLH Pontianak: Sudah 21 ton limbah infeksius COVID-19 dimusnahkan

Ia berharap desa-desa yang sama sekali belum menyalurkan BLT Dana Desa segera menyalurkannya.

"BLT Dana Desa ini sangat penting bagi penerima manfaat terutama menghadapi kondisi pandemi COVID- 19 ini. Adanya bantuan ini, dapat meringankan beban warga kita," kata dia.

Bupati juga meminta dinas atau unit kerja teknis memberikan bantuan dan kemudahan bagi desa-desa dalam menyalurkan BLT Dana Desa. 

Baca juga: Karyawan PLN Kalbar donor darah jaga stok saat wabah COVID-19

 Ia menginginkan penyaluran tepat sasaran dan penerima mengggunakan dana tersebut sesuai aturan yang berlaku.

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan banyak perhatian, terutama Bapak Presiden Joko Widodo atas guliran BLT Dana Desa ini. Sudah selayaknya kita memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan sesuai yang telah diatur penggunaannya. Semoga berkah," pesannya.

Baca juga: Jalan di perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu bisa dilalui kendaraan


Pewarta: Dedi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pencairan BLT-DD di Desa Mangun Jaya Kabupaten Bekasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar