Liga Jerman

Lewandowski ukir rekor baru saat Bayern tundukkan Freiburg

Lewandowski ukir rekor baru saat Bayern tundukkan Freiburg

Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Freiburg dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Sabtu (20/6/2020). (ANTARA/AFP/SVEN HOPPE)

Jakarta (ANTARA) - Robert Lewandowski mengukir rekor baru saat Bayern Muenchen menundukkan tamunya Freiburg 3-1 dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Muenchen, Sabtu.

Penyerang asal Polandia Lewandowski mengemas dua gol dalam laga tersebut. Catatan tersebut membuat dia total telah mengemas 33 gol liga musim ini, sekaligus menjadikannya pemain asing dengan koleksi gol liga terbanyak dalam satu musim, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bayern membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-15. Umpan Lewandowski mampu dimanfaatkan maksimal oleh Joshua Kimmich yang mengarahkannya ke sudut kiri bawah gawang Freiburg.

Lewandowski menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-24 saat ia dengan mudah menyambar bola pantul setelah kiper Alexander Schwolow menepis sepakan mendatar Leon Goretzka.

Freiburg sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-33. Tembakan Jonathan Schmid dari sudut sempit terpantul  dan bola kemudian mengarah ke jalur pergerakan Lucas Hoeler yang dengan mudah memasukkannya ke gawang tuan rumah.

Baca juga: Dortmund sudah lupakan kekalahan mengejutkan dari Mainz

Namun empat menit kemudian Bayern merestorasi keunggulan dua golnya. Lewandowski mengukir gol ke-33 dia musim ini setelah disodori umpan silang mendatar oleh Lucas Hernandez.

Bayern (79) yang pada tengah pekan telah mengamankan gelar juara menjaga selisih sepuluh poin dengan tim peringkat kedua Borussia Dortmund (69) yang menang 2-0 di markas RB Leipzig.

Dortmund amankan peringkat kedua

Kemenangan yang didapat Dortmund tersebut sekaligus membuat mereka mengamankan peringkat kedua. Koleksi poin Dortmund tidak mungkin lagi dikejar oleh tim peringkat ketiga Leipzig (63).

Kedua gol kemenangan Dortmund tersebut dibukukan oleh Erling Haaland pada menit ke-30 dan ke-90. Bagi Leipzig, kekalahan itu sekaligus mengakhiri laju 13 pertandingan tak terkalahkan di liga.

Baca juga: Mainz taklukkan Dortmund untuk perbesar peluang selamat dari degradasi

Borussia Moenchengladbach (62) kembali menyodok ke peringkat keempat setelah mendulang kemenangan 3-1 di markas juru kunci Paderborn.

Patrick Herrmann membuka keunggulan Gladbach saat laga baru berlangsung empat menit. Paderborn sempat menyamakan kedudukan melalui gol Sven Michel pada menit ke-54, namun dua gol Lars Stindl, melalui penalti pada menit ke-55 dan gol pada menit ke-73 mengamankan kemenangan tim tamu.

Hertha hantam mimpi empat besar Leverkusen

Hertha Berlin menghantam mimpi Bayer Leverkusen untuk mengakhiri musim pada peringkat empat besar dengan mengalahkan tamunya 2-0.

Matheus Cunha membuka keunggulan tim ibukota pada menit ke-22 sebelum Dodi Lukebakio menggandakan keunggulan Hertha pada menit ke-54.

Baca juga: Silva tampil impresif saat Frankfurt taklukkan Schalke 2-1

Kemenangan itu mendongkrak Hertha naik satu tingkat ke peringkat kesepuluh dengan 41 poin, sedangkan Leverkusen tertahan pada peringkat kelima dengan 60 poin.

Duesseldorf perbesar peluang bertahan

Fortuna Duesseldorf memperbesar peluangnya untuk bertahan pada strata teratas, berkat hasil imbang 1-1 dengan tamunya Augsburg.

Augsburg unggul terlebih dahulu melalui gol Florian Niederlechner pada menit kesepuluh, sebelum gol Rouwen Hennings pada menit ke-26 mengamankan satu poin bagi Duesseldorf.

Baca juga: Daftar juara Bundesliga sejak 1963

Duesseldorf kini berada pada peringkat ke-16, yang merupakan jatah playoff promosi/degradasi, dengan 30 poin. Sedangkan Augsburg tetap menempati peringkat ke-15 dengan 36 poin.

Tim peringkat ke-17 Werder Bremen semakin dekat dengan degradasi setelah takluk 1-3 di markas Mainz.

Mainz membuka keunggulan pada menit ke-25 melalui gol Robin Quaison, sebelum gol Jean-Paul Boetius menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-30.

Bremen sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Yuya Osako pada menit ke-58, namun gol Edmilison Fernandes pada menit ke-85 merestorasi keunggulan dua gol bagi Mainz.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman setelah Bayern kunci gelar juara

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar