Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum The Jakmania (kelompok suporter klub Persija), Diky Budi Ramadhan menyarankan komunitas pendukung klub juga dilibatkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI dalam persiapan kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020.

"Kalau mereka menganggap kami sebagai salah satu 'stakeholder' sepak bola, ya, semestinya diajak berdiskusi juga," ujar Diky kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Menurut pria yang biasa disapa Diky Soemarno itu, sampai berita ini diturunkan, belum ada komunikasi baik dari PSSI maupun PT LIB kepada klub maupun suporter terkait kelanjutan liga.

Padahal, penting bagi para loyalis kesebelasan untuk mengetahui sejauh apa peran mereka dalam kompetisi yang berlangsung di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19).

Baca juga: Ketua The Jakmania tidak setuju Liga 1 dilanjutkan
Baca juga: Persija harapkan pemain mudanya jadi tumpuan timnas

"Jadi kami masih menunggu bagaimana proses dan protokol kesehatannya. Namun, sepertinya PSSI dan operator juga belum melakukan semacam 'workshop' kepada klub dan pengecekan persiapan," tutur Diky.

Dalam rapat Komite Eksekutif pada Rabu (17/6), PSSI resmi memutuskan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020, yang diliburkan sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19, akan dilanjutkan.

Namun, belum ada kepastian soal tanggal dimulainya kompetisi. PSSI hanya menyebut Liga 1 dan 2 akan berlangsung kembali mulai bulan September atau Oktober 2020.

Untuk lanjutan liga, PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran COVID-19. Namun, secara resmi belum ada penetapan soal stadion lokasi laga.

Rencananya, Liga 1 akan dilanjutkan dengan hingga sampai musim selesai. Sementara Liga 2 musim 2020 dijalankan dengan format "home tournament".

Baik Liga 1 dan 2 juga diproyeksikan berlangsung tanpa degradasi. Adapun tim promosi dari Liga 2 dibatasi hanya dua dari sebelumnya tiga klub.

Terkait kehadiran suporter di stadion, ada wacana hal itu tidak dilakukan karena situasi pandemi. Namun, jika kondisi berkembang lebih baik, penonton bisa saja diperkenankan ke stadion dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Persebaya ajukan lima poin tanggapi keputusan lanjutkan Liga 1
Baca juga: LIB isyaratkan 'kick off' lanjutan liga dilakukan Oktober 2020
Baca juga: Arema FC tanggapi keputusan PSSI soal kelanjutan kompetisi Liga 1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020