Tenis

Kompetisi tenis kursi roda absen pada US Open 2020

Kompetisi tenis kursi roda absen pada US Open 2020

Ilustrasi - Atlet paralimpik cabang tenis kursi roda, Dana Mathewson berpose dengan teknik "bulb photography" pada sesi pemotretan Tim Olimpiade USA Tokyo 2020 di Hollywood, California, Selasa (19/11/2019). ANTARA/AFP/Harry How/aa.

USTA juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemain dan ITF untuk mencari sejumlah skenario potensial bagi kompetisi kursi roda
Jakarta (ANTARA) - Panitia penyelenggara turnamen US Open mengumumkan bahwa mereka akan menghapus pelaksanaan kompetisi tenis kursi roda pada perhelatan di New York edisi 2020 sebagai salah satu poin usaha menekan penyebaran virus corona di Amerika Serikat.

Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) sudah mengadakan pembicaraan di hari Jumat dengan pimpinan tenis kursi roda, dengan menyatakan bahwa seharusnya keputusan tersebut dilakukan dengan terlebih dulu berdiskusi dengan pihak terkait agar bisa mengembangkan acara US Open yang lebih baik.

"USTA juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemain dan ITF (Federasi Tenis Internasional) untuk mencari sejumlah skenario potensial bagi kompetisi kursi roda," tulis badan pengelola dalam sebuah pernyataan yang diterima Reuters, Sabtu.

Baca juga: Djokovic ingin para petenis diizinkan bepergian untuk US Open

"USTA berharap bisa mendapat masukan dari pemain tentang pandangan mereka dan bekerja dengan ITF untuk menyelesaikan pendekatan ke Kompetisi Kursi Roda US Open tahun 2020."

Petenis kursi roda peringkat satu dunia, Dylan Alcott, melayangkan protes setelah panitia US Open mengumumkan rencana untuk tidak memasukkan kompetisi tenis kursi roda meski panitia beralasan keputusan tersebut dilakukan untuk membendung penyebaran COVID-19.

Meski mendapat dukungan dari Roger Federer, Novak Djokovic, hingga Andy Murray, namun protes Alcott tersebut belum bisa mengubah keputusan dari panitia US Open.

Baca juga: Serena siap tampil di US Open, USTA janjikan keamanan pemain
Baca juga: Simona Halep kemungkinan besar tidak tampil di US Open


"Saya berbicara dengan Andy melalui telepon selama 30 menit dan ia menyampaikan dukungannya untuk petenis kursi roda secara daring pada keesokan harinya, yang mana itu luar biasa. Begitu juga dengan Federer dan Novak yang memberi bantuan secara internal karena mereka juga mencintai tenis kursi roda," Alcott menuturkan.

Perubahan lainnya pada US Open ialah peniadaan kualifikasi nomor tunggal bagi petenis normal, penghapusan ganda campuran, dan kompetisi junior dan beberapa aturan pada nomor ganda putra dan putri.

Baca juga: Kvitova tunggu situasi New York baik sebelum putuskan turun di US Open
Baca juga: US Open tetap digelar meski tanpa penonton

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kisah Christopher Rungkat tembus babak utama Wimbledon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar