Liga Spanyol

Celta Vigo jauhi zona degradasi usai cukur Alaves 6-0

Celta Vigo jauhi zona degradasi usai cukur Alaves 6-0

Penyerang Celta Vigo, Nolito (atas), melakukan selebrasi bersama Santi Mina usai mencetak gol dalam laga lanjutan Liga Spanyol melawan Alaves tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Balaidos, Vigo, Spanyol, Minggu (21/6/2020). (ANTARA/Twitter@LaLiga)

Jakarta (ANTARA) - Celta Vigo menjauhkan diri dari zona degradasi seusai mencukur tamunya, Alaves, dengan skor 6-0 dalam laga pekan ke-31 Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Balaidos, Minggu.

Kemenangan pertama Celta dalam tiga laga sejak liga kembali bergulir setelah ditangguhkan pandemi itu membuat mereka naik ke urutan ke-16 klasemen dengan koleksi 30 poin atau melebarkan jarak aman menjadi empat poin.

Celta juga kini hanya terpaut lima poin dari Alaves (35) yang mereka buat melorot ke urutan ke-13 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Gol menit-menit akhir menangkan Villareal di kandang Celta Vigo

Seusai gagal mencetak gol di dua laga sebelumnya, Celta tampak memasuki pertandingan dengan inisiatif serangan yang menjanjikan dan sukses membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui sundulan bek Jeison Murillo dalam situasi sepak pojok.

Keunggulan itu berganda enam menit berselang lewat eksekusi penalti Iago Aspas, setelah gelandang bertahan Alaves Ljubomir Fejsa didakwa menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penaltinya sendiri.

Tuan rumah kian diuntungkan ketika Alaves harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain saja di dalam lapangan, lantaran bek muda Martin Aguirregabiria diganjar kartu merah oleh wasit atas pelanggaran terhadap Rafinha.

Keunggulan jumlah pemain sukses dimanfaatkan sepenuhnya oleh Celta yang menutup babak pertama dengan keunggulan 4-0 menyusul dua gol beruntun yang dicetak Rafinha.

Alaves berusaha mengimbangi permainan Celta pada babak kedua, tetapi perbedaan jumlah pemain terasa benar dan pada menit ke-76 Javi Lopez malah menambah beban tim tamu dengan melanggar Kevin Vazquez di area terlarang.

Baca juga: Celta Vigo rekrut Nolito untuk berjuang hindari degradasi

Tendangan 12 pas dihadapi oleh Nolito, penyerang gaek yang baru saja didatangkan Celta dari Sevilla untuk membantu perjuangan menghindari degradasi. Penyerang berusia 33 tahun itu tak kesulitan untuk menceploskan bola ke pojok kanan bawah, menambah keunggulan tuan rumah jadi 5-0.

Lantas empat menit jelang bubaran waktu normal Nolito mengirimkan umpan terobosan yang diselesaikan oleh Santi Mina demi melengkapi kemenangan Celta 6-0 atas Alaves.

Di pertandingan pekan ke-31, Celta akan melakoni laga tandang kontra Real Sociedad pada Rabu (24/6) waktu setempat (Kamis WIB), sementara Alaves menjamu Osasuna.

Baca juga: Atletico ke peringkat tiga setelah menang 1-0 atas Valladolid
Baca juga: VAR selamatkan Getafe dari kekalahan


Susunan pemain:

Celta Vigo (4-3-3): Ruben Blanco; Kevin Vazquez, Jeison Murillo (Joseph Aidoo), Nestor Araujo, Lucas Olaza; Fran Beltran (Santi Mina), Okay Yokuslu (Filip Bradaric), Rafinha (Nolito); Iago Aspas (Brais Mendez), Fedor Smolov, Denis Suarez
Pelatih: Oscar Garcia

Alaves (4-4-2): Roberto Jimenez; Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia (Rodrigo Ely), Lisandro Magallan, Javi Lopez; Borja Sainz (Navarro Ximo), Ljubomir Fejsa, Pere Pons, Edgar (Luis Rioja); Lucas Perez (Paulino), Joselu (Oliver Burke)
Pelatih: Asier Garitano

Baca juga: Kembali telan kekalahan, Real Betis resmi pecat pelatih Rubi
Baca juga: Levante kirim Espanyol kembali ke dasar klasemen
Baca juga: Main imbang kontra Sevilla, Barcelona terancam digusur Real Madrid

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar