Kemendes PDTT: 68.103 desa telah salurkan BLT Dana Desa tahap pertama

Kemendes PDTT: 68.103 desa telah salurkan BLT Dana Desa tahap pertama

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar berbicara dalam konferensi pers melalui webinar di Kemendes PDTT, Jakarta, Senin (22/6/2020). (ANTARA/Katriana)

68.103 desa sudah menyalurkam BLT Dana Desa atau setara 91 persen dari total desa yang telah menerima Dana Desa
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat 68.103 desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebagai upaya mempercepat bantuan untuk meringankan beban warga desa yang terkena dampak wabah COVID-19.

"Alhamdulillah 68.103 desa sudah menyalurkam BLT Dana Desa atau setara dengan 91 persen dari total desa yang telah menerima Dana Desa di rekening kas desa," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers melalui webinar di Kemendes PDTT Jakarta, Senin.

Baca juga: Penyaluran BLT Dana Desa di Sambas mencapai Rp9,6 miliar

Ia mengatakan angka tersebut setara dengan 91 persen dari total 73.692 desa yang telah menerima Dana Desa di Rekening Kas Desa (RKDes) mereka.

Sementara total 73.692 desa yang RKDes-nya telah menerima Dana Desa itu setara juga dengan 98 persen dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: 97 persen warga Bekasi sudah terima BLT Desa

Sementara itu, Mendes mengatakan bahwa desa yang telah menetapkan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) adalah sebanyak 73.199 desa, atau setara dengan 99 persen dari 73.692 desa yang telah menerima Dana Desa untuk BLT Dana Desa.

Dari angka tersebut, desa yang benar-benar telah menyalurkan Dana Desanya untuk BLT Dana Desa adalah sebanyak 68.103 desa.

Baca juga: Mendes sebut realisasi penerima BLT Dana Desa di bawah target awal

Mendes Halim, atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri, berharap semua penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama dapat diselesaikan pada pekan terakhir Juni ini, sehingga upaya penyaluran bantuan tahap berikutnya dapat lebih difokuskan.

"Mudah-mudahan pada minggu-minggu ini sudah selesai semua dalam artian desa yang memang menyalurkan BLT Dana Desa sudah menyalurkan semua," katanya.

"Kemudian desa yang tidak menyalurkan karena memang tidak membutuhkan, tentu tidak masuk perhitungan untuk 100 persen," katanya lebih lanjut.

Baca juga: Kemendes hari ini rilis Permendes perpanjangan BLT Dana Desa tahap II

Kemudian, Mendes mengatakan bahwa penerima BLT Dana Desa sampai dengan 21 Juni 2020 sebanyak 7.181.331 KPM yang terdiri dari 1.938.959 KPM yang merupakan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan 278.084 KPM yang anggotanya menderita penyakit kronis dan menahun.

Sedangkan Dana Desa yang telah digunakan untuk BLT Dana Desa sampai sejauh ini adalah sebanyak Rp4,30 triliun.

"Sehingga mencapai kurang lebih mencapai Rp13 triliun nantinya, kalau 3 bulan pertama yang Rp600 ribu tersalur semua," kata Mendes.

Baca juga: Kemendes: Dana Desa BLT tahap I sudah tersalur ke 97 persen desa

Pewarta: Katriana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendes PDTT sebut 70.546 desa telah salurkan BLT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar