ColorOS rilis versi beta Android 11 di seri Oppo Find X2

ColorOS rilis versi beta Android 11 di seri Oppo Find X2

Ilustrasi Oppo (HO/Oppo Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Oppo mengumumkan sistem operasi miliknya, Color OS, turut merilis versi beta Android 11, menyusul diumumkannya update Android 11 beta pertama Google, yang sempat beberapa kali tertunda, pada awal bulan ini.

Rilis versi beta Android 11 pada ColorOS tersebut mengusung fokus utama Google yaitu pada People, Privacy dan Control, yang dapat ditemukan di Oppo Find X2 dan Find X2 Pro.

"Dengan lebih dari 350 juta pengguna, Oppo adalah salah satu mitra global utama Google yang berinteraksi dengan beragam pengguna di seluruh dunia. Bekerjasama dengan tim Android, ColorOS akan menampung berbagai tanggapan dan masukan mengenai Android 11 beta untuk mengidentifikasi, memperbaiki dan meningkatkan fitur-fiturnya bagi para developer Android dan pengguna," ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

ColorOS membawa pembaruan tampilan antarmuka, salah satunya pengguna dapat melakukan chat di kolom notifikasi secara langsung dan membukanya dalam bentuk bubble. Chat Bubble dapat mempermudah pengguna untuk melihat dan mengakses chat sambil menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.

Baca juga: Kolaborasi Oppo-Disney Pixar dalam game VR "Be A Greater You"

Baca juga: Jelang normal baru, ini kesiapan OPPO Indonesia


Untuk menjaga privasi dan meningkatkan keamanan perangkat dari berbagai permission yang sensitif, ColorOS Android 11 versi beta menghadirkan beberapa jenis pengaturan permission dalam menjalankan aplikasi dan fungsi sistem, yakni One-time permission, Permissions auto-reset dan Background location.

Dalam waktu dekat, fitur bawaan stock Android 11 lainnya juga akan tersedia pada versi beta ColorOS berikutnya, seperti sistem Device Control yang memberikan akses dan kontrol terhadap berbagai perangkat pintar dalam satu wadah.

Pembaruan-pembaruan tersebut memperkaya kustomisasi berbagai fitur ColorOS yang sebelumnya sudah ada, termasuk Dark Mode dan Built-in Screen Recorder.

Kustomisasi lainnya pada fitur-fitur bawaan seri Oppo Find X2 juga akan tersedia, seperti peningkatan visual dengan HDR Video Enhancement, MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation) dan AI Nature Tone Display.

Kemampuan fotografi juga akan dioptimalkan melalui fitur Oppo All Pixel Omni-Directional PDAF, Text Scanner dan pengambilan video dengan Live HDR Video. Selain itu, pembaruan tersebut juga dijanjikan akan membawa fitur Oppo Share lebih mudah.

"Meski sangat menarik, namun update beta ini utamanya ditujukan bagi para developer aplikasi karena masih mengandung bugs dan kekurangan lainnya. Kami pun terus bekerjasama dengan Google untuk hal ini," ujar Aryo.

"Oleh sebab itu, kami menyarankan agar para pengguna tetap bersabar terlebih dahulu dan menunggu versi resminya ketika sudah tersedia nanti," dia menambahkan.

Baca juga: Rayakan ultah Disney Pixar, OPPO luncurkan Enco W11 edisi "Toy Story"

Baca juga: Oppo luncurkan versi resmi ColorOS 7 berbasis Android 10

Baca juga: OPPO akan gelar peluncuran A92 online bersama Raisa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

OPPO bantah penurunan market share di kuartal akhir 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar