... Kodam I/BB tetap dalam tekadnya untuk mewujudkan kekuatan dan kemampuan yang hebat, andal, profesional, mencintai dan dicintai rakyat guna menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dalam rangka mengawal kepentingan nasional yang berdasarkan Pancasila
Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, mengatakan di tengah pandemi Covid-19, puncak peringatan HUT ke-70 Kodam I/BB tidak diselenggarakan secara besar-besaran, dan dilakukan melalui konferensi video.

"Ke seluruh satuan jajaran Kodam I/BB di empat provinsi," ujar Fadhilah, dalam sambutannya pada puncak peringatan HUT ke-70 Kodam I/BB di Medan, Senin.
Ia menyebutkan, kesederhanaan, kebersamaan, dan kekeluargaan harus menjadi pedoman bagi personel Kodam I/BB dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Baca juga: Pangdam I/BB: Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi

Kodam I/Bukit Barisan memiliki wilayah tugas di empat provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Riau Kepulauan. Kodam I/Bukit Barisan berada di antara wilayah operasi Kodam Iskandar Muda di utara (Aceh) dan Kodam II/Sriwijaya di selatan (Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung). 

Sepanjang sejarahnya sudah banyak kiprah dan torehan prestasi Kodam I/Bukit Barisan demi kejayaan Indonesia, TNI, dan TNI AD.

Terkhusus untuk menangani Covid-19, Kodam I/Bukit Barisan ditugasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Markas Besar TNI untuk mengoperasikan dan mengelola rumah sakit darurat di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Pada pandemi Covid-19 kali ini, merupakan kali pertama TNI secara umum menjalankan operasi perang selain perang menghadapi "musuh" berupa jasad renik mematikan yang harus ditangani secara khusus dan menyeluruh-terpadu. 

Baca juga: Pangdam: Perjalanan Kodam I/BB tidak lepas dari para pendahulu 

Menurut Fadhilah, hal ini harus dipahami dan dihayati karena merupakan salah satu ciri khas tema HUT ke-70 Kodam I/BB pada 2020 kali ini. "Mari kita jabarkan tema HUT kali ini dengan wujud tindakan dan hasil karya nyata di lapangan, sehingga Kodam I/BB senantiasa menjadi kebanggaan rakyat," ujarnya.

Ia mengucapkan, "Selamat Ulang Tahun. Salam hormat dan bangga kepada seluruh jajaran yang telah membantu program pemerintah dalam mengatasi kesulitan rakyat di tengah pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok yang lebih baik ke depannya."

Ia mengingatkan kepada seluruh prajurit Kodam I/BB di manapun berada dan bertugas, agar senantiasa berbuat yang terbaik kepada bangsa, negara dan rakyat Indonesia.Serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas tugas pengabdian, serta dedikasi yang telah diberikan kepada Kodam I/BB, dan TNI AD.

Baca juga: Kodam I/BB sambut HUT ke-70 dengan donor darah

"Tanamkan selalu dalam diri masing-masing, bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini," ucap jenderal bintang dua itu.

Fadhilah menyatakan, dalam kurun waktu 70 tahun pengabdiannya, Kodam I/BB selalu berupaya menampilkan karnya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan, mengawal serta mengamankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Pangkogabwilhan I: Empat Kogasgabpad dibentuk untuk tangani COVID-19

"Kodam I/BB tetap dalam tekadnya untuk mewujudkan kekuatan dan kemampuan yang hebat, andal, profesional, mencintai dan dicintai rakyat guna menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dalam rangka mengawal kepentingan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata dia.

Dalam acara yang tetapkan menerapkan disiplin Protokol Kesehatan mencegah Covid-19 ini, turut hadir Kepala Staf Panglima Kodam I/BB, Brigadir Jenderal TNI Didied Pramudito, Irdam I/BB, Kapoksahli Pangdam I/BB, para asisten kepala staf panglima Kodam I/BB, kepala Badan Pelaksana Kodam I/BB, dan komandan Batalion BS Wilayah Medan.

Baca juga: Pangdam I/Bukit Barisan: Babinsa ujung tombak TNI AD

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020