Jakarta (ANTARA/JACX) - Daun mindi, yang juga dikenal sebagai daun semambu atau neem di Malaysia, diklaim dapat mengobati penyakit akibat virus corona jenis baru (COVID-19), demikian informasi yang tertulis dalam berjudul "Daun Mindi Disebut Obat Covid-19".

Konten tersebut dilengkapi pula penjelasan cara penyembuhan COVID-19 dengan rebusan daun mindi. 

Berikut kutipan narasi dalam konten itu:

"Ambil daun Mindi sedikitnya 20 lembar daun, kemudian di isi sebanyak 4 Gelas air, kemudian di rebus untuk mendapatkan 2 gelar air, sebelum di minum di tepis dulu, guna menghilangkan sisa daun rebusan tadi. kemudian di minum".

Menurut narasi dalam artikel itu, ramuan daun mindi tersebut telah dicoba di Malaysia dan berhasil menyembuhkan seorang pasien COVID-19.

Ramuan tersebut juga dikabarkan berkhasiat mengobati demam, batuk, sakit tekak, dan sesak napas.

Namun, benarkah daun mindi dapat menyembuhkan pasien COVID-19?
 
Tangkapan layar daun mindi yang dinyatakan sebagai hoaks mampu mengobati pasien COVID-19 (Beritanasional.id)


Penjelasan:
Kementerian Kesehatan Malaysia melalui penjelasan resmi mereka menyatakan kabar tentang khasiat ramuan daun mindi atau daun semambu yang dapat menyembuhkan pasien COVID-19 itu merupakan mitos.

Pemerintah Malaysia menjelaskan belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan narasi dalam artikel tersebut, seperti dilansir dari factcheck.afp.com.

Selain itu, penggunaan daun semambu untuk pengobatan perlu dilakukan dengan pengawasan dan hanya disarankan dalam dosis ringan bagi orang dewasa.

Sementara untuk anak-anak, ramuan daun itu akan memiliki efek samping antara lain menyebabkan koma, kejang, muntah, hilang kesadaran, bahkan kematian.

Pada April 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan "tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru (2019-nCoV)" dan "tidak ada bukti bahwa obat saat ini dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit".

Klaim: Daun mindi bisa obati COVID-19

Rating: Salah/Disinformasi
 
Infografik penjelasan Kementerian Kesehatan Malaysia terkait ramuan Daun Semambu (Factcheck.afp.com)


Baca juga: "Dexamethasone" disebut ampuh sembuhkan COVID-19, apa itu?

Baca juga: Penjualan obat "dexamethasone" meningkat di Pasar Pramuka

Baca juga: Warga Amazon lebih memilih obat herbal racikan sendiri untuk COVID-19

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020