Ambon (ANTARA News) - Sejumlah artis dalam dan luar negeri yang akan tampil pada Ambon Jazz Plus Fertival (AJPF) akan menggelar aksi bersih Teluk Ambon yang dipusatkan di Desa Ery, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Juru bicara panitia AJPF Mey Cresentya Rahail kepada wartawan di Ambon, Selasa malam, mengatakan, aksi bersih Teluk Ambon itu akan dilakukan sejumlah artis yang tiba di Ambon pada Rabu (7/10) pagi, yakni Michael Sambelo dari Amerika Serikat serta Wilkins Ramirez (Puerto Rico/USA) serta sejumlah artis nasional.

"Ini bagian dari tanggungjawab para artis dalam dan luar negeri untuk menggugah masyarakat Ambon mencintai lingkungan, khususnya Teluk Ambon yang terkenal dengan keindahan panorama alam dan wisata baharinya," katanya.

Aksi bersih teluk yang juga untuk mendukung program Water Front City (WFC) yang mulai dilakukan pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mengembalikan citra teluk Ambon Ambon sebagai "ikon" Kota Ambon itu akan dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon serta Himpunan Ahli Hidrolik cabang Ambon.

Selain aksi bersih teluk, para artis dan musisi juga akan melakukan penanaman 100 anakan pohon jati, mahoni, kayu besi dan jemelina di sepanjang sungai Wai Pupela di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe.

Kedua musisi jazz asing itu juga akan menghadiri konferensi pers untuk menjelaskan kehadiran dan dukungannya terhadap penyelenggaraan AJPF 2009, yang diharapkan dapat berdampak mengembalikan kejayaan Maluku di dunia musik tanah air.

Mey mengatakan, khusus artis nasional baru akan tiba di Ambon pada Kamis (8/10) pagi, dengan penerbangan pertama dan akan disambut berbagai musik dan tarian tradisional Ambon yakni "tari lenso" dan iringan musik tradisional "totobuang".

Dia berharap kehadiran ratusan artis dalam dan luar negeri pada konser jazz terbesar di Indonesia Timur itu dapat memperkuat sekalighus mengangkat kembali kejayaan Maluku di bidang seni musik dan tari yang nyaris tenggelam.


164 artis

AJPF akan menghadirkan 164 orang artis penyanyi dan musisi papan atas yang terkenal di tingkat internasional, di antaranya kelompok musik nasyid Debu yang dijadwalkan tiba di Ambon 8 Oktober.

Selain Debu, konser musik tersebut akan diramaikan penampilan musisi dari berbagai genre termasuk jazz, r&b, hip-hop, soul, world beat, dan gospel.

Musisi jazz yang dijadwalkan tampil adalah Bubi Chen & Friends, Margie Siegers & Idang Rashidi, Berry Likumahua featuring Benny Likumahua, Achsan Syuman Kwartet, Trio Titi Syuman (New Conservative), Sapanuwun featuring Andien, Dira & Friends, Pendekar Guitar (Mus Mujiono, Ule Pattiselano, Kibod Maulana, Nikita Dompas,Tiyo, Otti Jamalus Kwartet, Medley Singers (Dira, Andien, Margie Siegers, Matthew, Jacky, Otti Jamalus, Idra Aziz, Mus Mujiono, Utha Likumahua dan with Sampanuwun Band, Funk Session, Patua.

Dari kelompok r&b dan hip-hop akan muncul Dewi Sandra, Malik and D` Essential, Saykoji, T-Five, Yacko, Moluccas, Sania, Soul ID, Baku Tumbu, Gheto Flow, dan Lorenza Malaiholo dari Jerman.

Sementara dari kelompok soul akan tampil New Creation, Micha Wattimena & Friends, Harry Anggoman & Friends, Franky Sihombing & Friends, Sisi dan Fandy Idol, Cindy AFI, dan Amos & friends.

Sedangkan Monika Akihary dengan grup musik Boi Akih dari Belanda batal tampil karena sudah tampil dalam konser sebelumnya di Ambon awal September lalu, dan saat bersamaan akan tampil di Jerman.

Selain Lorenza Malaiholo, artis asing yang akan tampil adalah Wilkin Ramirez dari Puerto Rico, yang mengusung musik world beat.

Ambon Jazz Plus Festival direncanakan menjadi acara tahunan dan tahun ini untuk mendukung pelaksanaan hari Perdamaian Sedunia yang akan digelar di Ambon, November mendatang dan ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan tahun 2010 diagendakan untuk menyongsong kegiatan perahu layar internasional "Sail Banda". (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009