Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc dan Sebastian Vettel pada Selasa kembali ke trek untuk menjalani sesi tes privat Ferrari di Sirkuit Mugello, Italia sebagai persiapan restart musim balapan Formula 1.

Karena adanya pembatasan jumlah tes terhadap mesin mobil tahun ini, maka Ferrari membawa SF71H, mobil musim 2018 mereka, yang dilengkapi ban non-balapan dari Pirelli.

Sang juara dunia empat kali mendapat kesempatan pertama di balik kemudi pada sesi pagi, sedangkan rekan satu timnya asal Monako mendapat giliran di sesi siang, demikian Ferrari lewat akun Twitternya.

Baca juga: F1 luncurkan insiatif perangi COVID-19, rasisme, dan inekualitas
Baca juga: Ricciardo ungkap alasan di balik keputusannya pindah ke McLaren


Pekan lalu Leclerc membawa mobil musim 2020, SF1000, dari markas tim di Maranello menuju sirkuit tes Ferrari, Fiorano, yang secara simbolik menunjukkan bahwa tim berlogo kuda jingkrak itu siap menyambut musim balapan yang akan dimulai di Austria, 5 Juli nanti, setelah hampir empat bulan vakum karena pandemi virus corona.
 
Sementara tim rival, Mercedes, menjadi yang pertama melibas sirkuit setelah lockdown dengan menggelar tes dua hari di Silverstone, membawa mobil 2018 untuk digunakan Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Renault menjadi tim berikutnya yang berlatih, kali ini di Austria, sama-sama menurunkan mobil 2018 bagi Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon.

Sedangkan Racing Point menggunakan salah satu dari dua hari yang diperuntukkan untuk pengambilan gambar untuk menjalankan mobil 2020 mereka di Silverstone, dengan Lance Stroll di balik kemudi.

Sejumlah tes tersebut juga menjadi kesempatan bagi tim untuk menjalani protokol kesehatan yang ketat yang harus mereka patuhi selama akhir pekan balapan nanti untuk memastikan keselamatan personel, sekaligus ajang pemanasan bagi para pebalap mereka.

Baca juga: Leclerc tertarik membalap pada 24 Hours of Le Mans
Baca juga: Hamilton nantikan mobil Mercedes yang lebih kencang
Baca juga: MotoGP dan Formula 1 restart, berikut komparasi jadwalnya

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020