Menaker imbau pengelola kawasan industri gelar tes cepat mandiri

Menaker imbau pengelola kawasan industri gelar tes cepat mandiri

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kiri). (ANTARA/Ali Khumaini)

Saya melihat, ada kesadaran dari pelaku usaha untuk menaati protokol kesehatan di tempat kerja
Karawang (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengimbau agar pengelola kawasan industri melaksanakan tes cepat secara mandiri kepada karyawan perusahaan yang ada di kawasan industri tersebut.

"Saya melihat, ada kesadaran dari pelaku usaha untuk menaati protokol kesehatan di tempat kerja. Kesadaran yang sama juga ditunjukkan oleh para pekerja," katanya, disela kunjungan kerja ke Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan pemeriksaan tes cepat mandiri yang digelar di Kawasan Industri Suryacipta ini menunjukkan kesadaran tersebut. Kesadaran kalau penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19 adalah tanggungjawab bersama.

Menurut dia, dengan kesadaran pencegahan pandemi di tempat kerja, produktivitas usaha dan pekerja akan berangsur pulih. Dengan begitu, perekonomian nasional juga berangsur normal.

Supaya pelaksanaan pencegahan berlangsung efektif, kata Menaker, maka para pengusaha harus mengintegrasikan dalam program K3 perusahaan, dengan memberdayakan lembaga dan sumber daya manusia K3 di perusahaan.

Pengurus perusahaan diwajibkan melaksanakan syarat-syarat K3 secara komprehensif dengan mengedepankan upaya pencegahan (preventif) dan peningkatan kesehatan (promotif).

Untuk itu Kementerian Ketenagakerjaan mengembangkan program Gerakan Pekerja Sehat yang merupakan implementasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang diperluas kegiatannya sesuai kebutuhan di tempat kerja.

Gerakan Pekerja sehat bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat di tempat kerja dan menghilangkan kebiasaan dan perilaku pekerja/buruh yang kurang sehat.

"Program ini memiliki beberapa fokus, yakni deteksi dini penyakit pada pekerja, tempat kerja tanpa asap rokok, aktivitas fisik/olah raga, penyediaan ruang asi, perilaku hidup bersih dan sehat, penggunaan APD, tindakan P3K, dan promosi gizi seimbang," katanya.

Pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat mendorong seluruh kawasan industri yang lain dalam melaksanakan upaya pencegahan Covid-19 di tempat kerja dan pelaksanaan Gerakan Pekerja Sehat.

Sementara itu, kegiatan tes cepat mandiri di Kawasan Industri Suryacipta diikuti sekitar 500 orang. Selanjutnya akan digelar tes cepat mandiri secara berkelanjutan di perusahaan-perusahaan sekitar kawasan industri.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Kementerian Ketenagakerjaan, Sekda Karawang Acep Jamhuri, manajemen Kawasan Industri Suryacipta, Ketua Kadin Karawang Fadludin Damanhuri serta Ketua Apindo Karawang Abdul Syukur.  

Baca juga: Menaker kampanyekan Gerakan Pekerja Sehat menjelang normal baru
Baca juga: Menaker tinjau penerapan protokol kesehatan perusahaan di Yogyakarta

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menaker berikan bantuan program padat karya pertanian di Magelang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar