Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 36 unit rumah khusus untuk para nelayan di Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat, Nursal, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, menyatakan, rumah khusus yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp4,6 miliar tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti jalan lingkungan, drainase, listrik dan air bersih.

"Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rumah khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 18 kopel atau 36 unit rumah di Kecamatan Batang Gasan, Padang Pariaman," ujar Nursal.

Nursal menjelaskan, bantuan rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi nelayan yang ada di daerah tersebut.

Selain itu, ujar dia, rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR memiliki bangunan tipe 28 dan sudah dalam kondisi siap huni.

"Rumah khusus nelayan ini telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan air bersih. Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni untuk kelangsungan hidup mereka dan tempat yang nyaman untuk keluarganya dan kesejahteraan para nelayan di Padang Pariaman bisa lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman, Yuniswan menyampaikan bahwa nelayan di Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para nelayan di daerahnya.

Menurut Yuniswan, rumah merupakan salah satu kebutuhan nelayan yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.

Kami harap rumah khusus nelayan ini dijaga dan dirawat dengan baik. Jaga keamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif karena bantuan rumah ini adalah wujud nyata perhatian pemerintah untuk kesejahteraan nelayan Indonesia," katanya.

Sebelumnya, pelaksanaan normal baru dinilai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai suatu hal yang positif dan menimbulkan optimisme untuk bakal mendorong tercapainya program Sejuta Rumah di Tanah Air.


Baca juga: Kementerian PUPR bangun rumah khusus nelayan di Konawe Utara

Baca juga: Pemerintah bantu nelayan miliki rumah layak huni

Baca juga: Rumah khusus nelayan program Kementerian PUPR di KKU diresmikan

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020